Manfaat Enceng Gondok Yang Tidak Anda Ketahui

Minggu, April 22nd, 2018 - ARTIKEL SEHAT

Ternyata Ini Manfaat Enceng Gondok Yang Tidak Anda Ketahui !

manfaat enceng gondok

manfaat enceng gondok

Manfaat Enceng Gondok Yang Tidak Anda Ketahui – Salam sobat kali ini kami akan membahas tentang tanaman yang diaggap dapat merusak lingkungan air. Enceng gondok atau yang dalam bahasa latin disebut  Eichornia Crassipes  adalah tanaman yang berasal dari brazil pertama kali masuk ke indonesia pada tahun 1894 pada awalnya digunakan sebagai penghias kolam tanaman air ini memang memiliki bunga yang enak dipandang.

Disetiap daerah di indonesia enceng gondok memiliki berbagai nama seperti di daerah Palembang dikenal dengan nama Kelipuk, di Lampung dikenal dengan nama Ringgak, di Dayak dikenal dengan nama Ilung-ilung, di Manado dikenal dengan nama Tumpe, di Bugis disebut bungka kawang.

Tanaman ini mungkin bagai sebagian orang tidak memiliki manfaat, namun jangan salah tanaman yang dijuluki perusak lingkungan air ini memiliki berbagai manfaat, langsung saja sobat berikut manfaat enceng gondok yang tidak anda ketahui.

  1. Untuk mengobati bisul

Siapkan daun atau akar enceng gondok segar secukupnya. Lantas bahan tadi dilumatkan sampai halus, kemudian ditambahkan garam secukupnya, kemudian ditempelkan pada bisul.

 

  1. Mengobati kencing tidak lancardan biduran

Batang enceng gondok segar direbus, kemudian air rebusannya di dinginkan kemudian diminum. Hanya dengan menggunakan bahan dan metode pengobatan tradisional itu, air seni bisa lancar (Agrobis).

 

  1. Sebagai bahan dasar pupuk organik

Enceng godonk ternyata bisa dijadikan pupuk organik caranya Eceng Gondok dicacah, campur 10% dedak halus tambahkan Em-4 kemudian tutup pakai terpal plastik selama 4 hari.  Setelah itu akan terjadi perubahan suhu, dimana suhu akan meningkat 50 derajat celcius yang menandakan proses fermentasi tengah berlangsung. Fermentasi selesai setelah suhu menurun hingga 30 derajat celcius. Setelah itu pupuk siap digunakan.

  1. Sebagai Penghias Kolam

Tanaman enceng gondok memiliki bunga berwana berwarna ungu mudah sangat menarik untuk dijadikan penghias suatu kolam

  1. Sebagai pakan ternak

Salah satu manfaat enceng gondok adalah dapat digunakan sebagai alternatif makanan ternak, di beberapa daerah di indonesia telah lama menggunakan jenis tanaman air ini untuk kebutuhan pakan ternaknya.

Sekarang sobat pembaca sudah tau kan manfaat dari tanaman yang di anggap sebagai salah satu penyebab banjir sekarang mungkin ada yang berminat membudidayakannya karena terbukti memiliki banyak manfaat,sekian dulu artikel kami tentang manfaat enceng gondok semoga bisa menambah wawasan anda.

 

 

Manfaat Enceng Gondok Yang Tidak Anda Ketahui | muhammad yamin | 4.5