Pahami Gejala Sinusitis Pada Bayi

Kamis, Juli 13th, 2017 - gejala penyakit
Advertisement
Pahami Gejala Sinusitis Pada Bayi

Pahami Gejala Sinusitis Pada Bayi

Pahami Gejala Sinusitis Pada Bayi – Sinus merupakan rongga yang berisikan udara pada kepala sekitar hidung dan dilapisi dengan selaput lendir pernafasan yang terhubung dengan selaput lendir pada rongga hidung. Sinusitis merupakan peradangan atau penyumbatan di salah satu dari 4 saluran sinus, yakni maksila, etmoid, frontal dan juga sfenoid sebagai akibat dari alergi ataupun infeksi oleh virus, bakteri ataupun jamur. Jika terjadi peradangan ataupun penyumbatan karena virus, bakteri atau juga jamur di saluran sinus, maka menimbulkan gejala sinusitis pada bayi ataupun dewasa. Penderita penyakit sinusitis selalu mengeluarkan ingus melalui tenggorokan (post nasal drip) yang baunya tidak enak dan merupakan salah satu gejala sinusitis pada bayi ataupun dewasa.

Penyakit sinusitis pada anak disebabkan karena besarnya tingkat polusi di udara, terutama yang di kota-kota besar. Faktor-faktor lain penyebab penyakit sinusitis antara lain :

  1. Penggunaan AC

Anak yang memiliki kondisi normal kemampuan hidung dalam beradaptasi dengan perubahan suhu dapat lebih baik, tetapi pada anak yang memiliki bakat alergi terhadap perubahan suhu drastic dapat menimbulkan masalah.

  1. Alergi

Anak yang memiliki bakat genetik alergi sangat rentan untuk mengidap alergi, misalnya saja asma dan juga termasuk sinusitis.

  1. Gangguan fisik

Anak yang terlalu capek serta kurang tidur, maka daya tahan tubuhnya dapat menurun. Ditambah ketersinggungan dengan adanya faktor pemicu, seperti polusi, AC, dan sebagainya maka dapat mempermudah terkena penyakit sinusitis.

  1. Kelainan pada anatomi hidung

Kelainan organ hidung juga menjadi masalah karena dapat mengganggu saluran hidung dan juga sinus. Sinusitis akan sulit untuk sembuh karena proses pengeluaran lendir yang menjadi sulit.

 

Gejala Sinusitis pada Bayi Yang Wajib anda ketahui

Waspadai gejala batuk dan juga pilek karena ini dapat memicu timbulnya gejala sinusitis pada bayi. Sinus merupakan bagian rongga udara yang cukup sensitif, terdapat pada bagian bawah mata dekat dengan rongga di hidung. Bagian sensitif ini yang rentan terkena alergi bila terkena paparan debu yang secara langsung. Jika terjadi terus-menerus, maka dapat timbul sinusitis pada bayi yang dpat terbawa hingga mereka dewasa nantinya. Jadi sebelum terlambat, sebaiknya memahami betul gejala sinusitis pada bayi, antara lain :

  • Mengalami hidung yang tersumbat selama lebih dari 10 hari.
  • Pilek yang makin parah dengan mengeluarkan ingus berwarna hijau kekuning-kuningan dan juga kental
  • Mata dan hidung terlihat mengalami pembengkakan.
  • Semakin rewel karena kesulitan bernafas dan merasa tidak nyaman.
  • Mengalami batuk yang tidak kunjung redah.
  • Bayi akan demam.
  • Kelihatan lemas, lesu dan juga tidak bertenaga.

Jika melihat gejala sinusitis pada bayi Anda, segeralah kompres hidungnya dengan air hangat ketika suhu udara menjadi lebih dingin. Gunakan obat tetes hidung sesuai anjuran dokter dalam upaya mengeluarkan ingus yang menganggu pada pernafasan mereka. Namun jika bayi Anda tidak kunjung membaik, segeralah bawa ke dokter sebelum gejala sinusitis pada bayi Anda semakin parah.

Advertisement
Pahami Gejala Sinusitis Pada Bayi | muhammad yamin | 4.5