Penyebab anak 3 tahun belum lancar bicara

Kamis, Januari 18th, 2018 - ARTIKEL SEHAT, gejala penyakit
Penyebab anak 3 tahun belum lancar bicara

Penyebab anak 3 tahun belum lancar bicara

Penyebab anak 3 tahun belum lancar bicara –  Anak adalah titipan yang paling berharga yang dipercayakan oleh tuhan kepada yang dikehendakinya. Anak menjadi semangat dan pelipur lara bagi oran tuanya . Maka itu tumbuh kembang anak harus senantiasa diperhatikan oleh orang tuanya. Di era serba modern seperti saat ini banyak anak yang tidak diasuh oleh orang tuanya, melainkan dititipkan kepada orang lain seperty baby sitter atau pengasuh anak. Perlu anda ketahui, seorang ibu tentu lebih tahu apa yang dibutuhkan oleh anaknya ketimbang orang lain termasuk ayahnya. Ibu dan anak memiliki kontak batin yang kuat. Tumbuh kembang anak harusnya disaksikan oleh orang tuanya mulai dari tumbuhnya gigi, tengkurap, duduk hingga berjalan.

Mungkin kita akan baru menyesal ketika ternyata anak kita perkembangannya mengalami hambatan, misalkan di usia 3 tahun belum bisa berbicara lancar padahal umumnya diusia seperti itu anak sudah bisa memahami, mengerti dan bahkan berbicara layaknya orang yang sudah dewasa. Tentu kita perlu memahami apa penyebabnya. Untuk itu pada artikel kali ini akan saya bahas mengenai penyebab anak yang berumur 3 tahun belum lancar berbicara.

Pada dasarnya ada 2 faktor yang menjadi Penyebab anak 3 tahun belum lancar bicara yaitu :

  1. Faktor dari dalam

Faktor ini berasal dari diri si anak. Si anak bisa saja mengalami masalah pendengaran atau perkembangan otak yang tidak sempurna. Itulah kenapa sebelumnya saya sarankan sebagai orang tua harusnya memperhatikan tumbuh kembang anak, jadi kalau misalkan ada yang bermasalah bisa ditangani sejak dini sehingga penyembuhannya pun bisa lebih cepat. Masalah pendengaran bisa disebabkan karena factor keturunan misalkan kalau dari keluarga ayah atau ibunya ada yang mengalami masalah dengan pendengarannya, kalau tidak ada mungkin sewaktu hamil terjadi sesuatu pada kehamilannya misalkan asupan nutrisi yang kurang atau pernah terjadi benturan yang mengakibatkan ada masalahpada  organ pendengaran sang anak. Masalah pendengaran juga bisa karena perkembangan otak anak yang tidak sempurna baik itu ketika masih didalam kandungan atau ketika masih bayi. Perlu diketahui anak kecil sangat rentan terhadap dunia luar karena masih sangat sensitive dan semua organnya masih mengalami perkembangan. Jadi perlu diperhatikan secara seksam agar tidak terjadi masalah dikemudian hari

  1. Faktor dari luar

Faktor dari luar berasal dari lingkungan sekitar sang anak. Mulai dari orang tuanya, keluarga hingga lingkungan bermainnya. Karakter sang anak akan terbentuk saat mereka mulai berinteraksi dengan yang ada disekitarnya. Disinilah anak mulai mendapat pengaruh dari luar yang bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya. Misalkan kebiasaan anak menonton televisi ataupun memainkan game. Televisi tidak menciptakan interaksi kepada anak karena sifatnya hanya dari satu arah. Begitu pula ketika main game hal itu akan memicu perubahan pada otak sang anak karena game itu bisa merusak kemampuan berpikirnya apalagi kondisi anak sangan rentan. Kebiasaan seperti ini akan membuat anak lebih banyak diam sehingga tidak mempedulikan lingkungan sekitarnya. Dalam jangka lama itu akan merusak otak dan pendengaran sang anak menjadi lebih tertutup. Coba bandingkan dengan anak yang senantiasa mendapatkan komunikasi dari orang tuanya mulai dari diajak bicara hingga bermain. Mengajari anak berbicara membuat pendengarannya lebih peka sehingga ada timbal balik dari interaksi yang diberikan oleh sang ibu. Selain itu akan membantu anak mengeja bahasa yang diberikan oleh orang tuanya. Bukankah anak cenderung mengikuti apa yang dikatakan pada dirinya. Disinilah anak mulai belajar jadi penting untuk melatihnya

Demikian beberapa Penyebab anak 3 tahun belum lancar bicara. Mudah mudahan yang sudah punya anak bisa meluangkan waktunya untuk memperhatikan tumbuh kembang sibuah hati sehingga bisa tumbuh dengan sehat.

Penyebab anak 3 tahun belum lancar bicara | muhammad yamin | 4.5