Penyebab dan Gejala kanker Hati Serta Jenisnya

Senin, Maret 20th, 2017 - gejala penyakit
gejala kanker hati

gejala kanker hati

Penyebab dan Gejala kanker Hati Serta JenisnyaKanker hati merupakan tumor ganas yang menyebabkan kerusakan bentuk serta fungsi pada organ hati. Hati adalah salah satu organ paling penting dalam tubuh. Sebagai kelenjar, hati menghasilkan cairan empedu yang berguna untuk mencerna lemak, membantu daya absorpsi lemak di usus, mengaktifkan lipase, dan mengubah zat yang tidak larut air menjadi zat yang larut dalam air.
Bagaimana Tahapan Kanker Hati

Tahapan kanker hati ditentukan beberapa faktor tertentu seperti ukuran tumor, lokasi kanker, dan sejauh mana kanker telah terjadi. Secara umum ada 4 tahapan penyakit kanker hati :

  1. Stadium I

Tahap pertama, langkah-langkah tumor 2 cm atau kurang terjadi di satu tempat dan dapat diangkat dengan cara operasi.

 

  1. Stadium II

Tahap kedua, kanker ini belum menyebar ke kelenjar getah bening atau pembuluh darah. Kemungkinan terbatas ke beberapa tempat di lobus tunggal. Satu atau lebih tumor dengan ukuran 2 cm akan dapat hadir pada lobus hati. Untuk mengangkat tumor ini dengan cara pembedahan.

 

  1. Stadium III

Tahap ini disebut stadium lanjut. Tahap ini dibagi menjadi dua bagian yaitu: pertama, kehadiran tumor tunggal atau lebih pada lobus hati berukuran ± 2 cm yang mempengaruhi pembuluh darah yang berada di dekatnya. Kedua, tumor mengenai kelenjar getah bening, sedangkan organ lainnya dan pembuluh darah tidak terpengaruh pada sub tahap ini.

 

  1. Stadium IV

Tahap ini merupakan yang paling ekstrim. Pada stadium ini gejala penyakit kanker hati adalah paling buruk. Tahap ini dibagi lagi menjadi dua kategori. Pertama, kanker telah menyebar ke dalam kedua lobus hati dan mungkin bahkan mempengaruhi kelenjar getah bening, beberapa pembuluh darah yang penting, organ, dan peritoneum. Kedua, kanker hati menyebar ke titik terjauh dari titik asalnya. Tak ada tindakan pengobatan untuk tahap terakhir kanker hati ini kecuali menghilangkan rasa sakit. Tidak banyak yang bisa dilakukan jika kanker ini telah menyebar ke beberapa organ. Kelangsungan hidup pada tahap ini adalah yang sangat buruk.

 

Penyebab Kanker Hati

Tidak ada kejelasan mengenai penyebab kanker hati. Namun, ada beberapa kasus yang penyebabnya dapat diketahui. Contohnya, infeksi kronis dengan virus hepatitis tertentu dapat menyebabkan kanker hati. Penyakit ini terjadi ketika sel DNA hati mengalami mutasi yang membuat sel tetap tumbuh dan berkembang. Saat itu sel normal lain memiliki siklus hidup dan mati. Akumulasi sel-sel kanker ini dapat membentuk tumor yang cukup ganas.

 

Jenis Kanker Hati

Berikut jenis-jenis kanker hati primer yang berasal dari sel hati, diantaranya :

  1. Hepatocellular carcinoma (HCC).

Jenis kanker hati ini yang paling umum terjadi pada kalangan anak-anak serta orang dewasa. Kanker hati jenis ini dimulai dari hepatocytes yang dimana merupakan tipe utama sel hati.

  1. Cholangiocarcinoma

Jenis kanker ini merupakan kanker yang berasal dari saluran kantung empedu.

  1. Hepatoblastoma

Tipe kanker langka yang menyerang anak-anak berusia ≤ 4 tahun yang tergolong banyak untuk berhasil disembuhkan.

  1. Angiosarcoma dan hemangiosarcoma

Kanker langka ini dimulai pada pembuluh darah dalam hati yang pertumbuhannya sangat cepat.

 

Gejala Penyakit Kanker Hati

Gejala penyakit kanker hati mungkin tidak akan sangat mencolok selama tahap awal. Gejala penyakit kanker hati mungkin juga menjadi variabel. Tanda awalnya kemungkinan, seperti sakit perut, mual dan muntah, kelelahan atau hilangnya nafsu makan. Gejala penyakit kanker hati yang paling umum dan biasanya adalah dengan adanya suatu tumor yang sangat besar pada hati yang terasa sakit hingga rasa nyeri pada perut.

Di bawah ini merupakan gejala penyakit kanker hati pada umumnya :

  1. Sakit perut sebelah kanan yang cukup parah.
  2. Penyakit kuning (menguningnya kulit dan sklera (putih mata)). Pigmentasi kekuningan disebabkan karena peningkatan kadar bilirubin dalam darah.
  3. Asites
  4. Hepatomegali (pembesaran hati)
  5. Pembengkakan lokal di perut
  6. Penurunan berat badan tidak jelas
  7. Sebuah perasaan kenyang
  8. Kehilangan nafsu makan
  9. Demam
  10. Kelelahan

Nah itulah 10 macam gejala kanker hati yang perlu anda ketahui jika anda merasakan gejala tersebut segera periksakan kepada dokter tertentu.

Penyebab dan Gejala kanker Hati Serta Jenisnya | muhammad yamin | 4.5