Penyebab Dan Gejala Penyakit Vertigo Serta Pengobatannya

Senin, Juli 17th, 2017 - gejala penyakit
Gejala Penyakit Vertigo

Gejala Penyakit Vertigo

Penyebab Dan Gejala Penyakit Vertigo Serta Pengobatannya Vertigo adalah suatu gejala sensasi diri sendiri atau sekelilingnya terasa berputar-putar. Kondisi vertigo ada yang ringan serta tidak terlalu merasakan dan ada juga yang parah hingga menghambat rutinitas. Serangan dari vertigo cukup bermacam-macam, mulai dari yang berlangsung hingga beberapa detik dan bahkan yang lebih lama. Serangan dai vertigo yang lebih parah dapat terus berlangsung hingga dengan beberapa hari yang mengakibatkan penderitanya tidak dapat beraktivitas dengan normal.

Penyakit Vertigo sering terjadi pada orang dewasa serta lanjut usia. Yang awalnya penyakit ini hanya disertai rasa pusing kemudian menjadi lebih parah. Oleh sebab itu bahaya dari penyakit vertigo perlu untuk diketahui supaya dapat melakukan pencegahan sebelum terjadinya sakit lebih lanjut. Awalnya gejala penyakit vertigo hanya menimbulkan pusing yang biasa. Tetapi tanpa adanya perawatan yang tepat, pusing biasa tersebut dapat menjadi vertigo yang menyebabkan penderita tidak dapat melakukan berbagai aktifitas. Penyebab penyakit ini biasanya karena salah satu infeksi yang terjadi di bagian dalam telinga.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab khusus penyakit vertigo.

  • Gangguan bagian dalam telinga

Telinga bagian dalam berguna menyampaikan signal khusus dari luar lingkungan ke bagian otak. Lalu otak mendeskripsikan gambaran suara yang didengar dari telinga. Sistem ini juga berguna untuk mendapatkan gravitasi hingga tubuh dapat berjalan dengan seimbang. Namun bagi penderita vertigo sistem ini tidak dapat berjalan dengan baik yang mengakibatkan sering merasa pusing serta berputar-putar. Pada umumnya orang tua sering mengalami kondisi ini.

  • Infeksi bagian dalam telinga

Infeksi bagian telinga dalam dapat menjadi penyebab penyakit vertigo yang serius. Awalnya infeksi terjadi di bagian dalam telinga tetapi akan merambat ke organ dalam kepala. Infeksi ini yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan bagian dalam telinga hingga membuat kepala menjadi pusing serta berputar-putar.

  • Trauma pada kepala

Penderita yang pernah mengalami kecelakaan hingga menyebabkan adanya trauma di kepala dapat menyebabkan vertigo. Cedera tersebut jika tidak dirawat dengan tepat dapat megakibatkan vertigo di saat tertentu.

  • Mengkonsumsi obat dalam jangka panjang

Mengkonsumsi obat tertentu dalam jangka waktu yang cukup panjang juga dapat menyebabkan kerusakan di bagian dalam telinga. Kerusakan tersebut yang menyebabkan vertigo hingga dengan gangguan keseimbangan lain.

  • Migrain

Penderita migrain lebih rentan mengalami penyakit vertigo. Migrain merupakan salah satu penyakit pada kepala atau pusing yang terjadi beberapa saat tetapi terjadi pada bagian salah satu sisi saja.

  • Stroke

Stroke pada lanjut usia dapat menjadi pemicu terjadinya vertigo. Penyakit ini dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada syaraf yang berhubungan dengan keseimbangan tubuh atau fisik serta penyakit otak dan juga telinga. Gejala stroke ringan dapat terjadi jika vertigo muncul dengan jangka waktu sering.

 

Penyebab Umum Penyakit Vertigo

Beberapa penderita juga dapat mengalami gangguan tanpa disadari. Biasanya penyakit vertigo ini diakibatkan karena kondisi tertentu yang secara umum. Berikut merupakan beberapa macam yang menjadi penyebab umum dari vertigo.

  • Mengkonsumsi kafein berlebihan.
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka
  • Mengkonsumsi alkohol serta kebiasaan merokok yang tinggi.
  • Gaya hidup yang kurang baik sehingga menyebabkan terjadinya obesitas, tingkat kolesterol menjadi tinggi, tingkat gula darah tinggi serta kurangnya
  • Kekurangan cairan serta aktifitas yang padat.
  • Berbagai penyakit pada pembuluh darah.

 

Gejala Penyakit Vertigo

Pada dasarnya ada awalan dari gejala penyakit vertigo. Mengenali gejala awal dapat menjadi cara yang penting agar mencari perawatan paling tepat. Gejala penyakit vertigo bisa terjadi kapanpun dan dapat pergi tanpa adanya perawatan.

Berikut ini adalah beberapa awalan dari gejala penyakit vertigo.

  1. Sakit pada kepala yang sangat hebat, seperti sakit pada kepala ketika digerakkan ke salah satu arah.
  2. Puratan yang hebat saat kepala bergerak, goyang ataupun bangun dari tidur.
  3. Reaksi mata kurang peka karena bila ada gerakan yang mendadak maka kepala menjadi lebih pusing.
  4. Rasa ingin muntah yang disertai mual yang hebat.
  5. Keringat dingin.
  6. Pandangan jadi kabur serta semua objek terlihat menjadi
  7. Gangguan pada pendengaran saat sakit kepala.
  8. Nafsu makan menurun dan kesulitan menelan makanan.
  9. Tubuh terasa lebih lemah serta sulit melakukan aktifitas.

 

Pengobatan Perorangan Untuk Penyakit Vertigo

Ada beberapa saran agar mengurangi serta mencegah gejala-gejala penyakit vertigo yang biasadiberikan dokter atau spesialis yang menangani penderita, yaitu :

  • Menghindar dari gerakan yang secara tiba-tiba supaya tidak terjatuh.
  • Segeralah duduk ketika vertigo menyerang.
  • Menggunakan beberapa bantal supaya posisi kepala ketika tidur menjadi lebih tinggi.
  • Menggerakkan kepala dengan
  • Menghindari gerakan kepala mendongak, gerakan berjongkok, ataupun tubuh membungkuk.
  • Meminta bantuan orang lain melakukan latihan sederhana untuk upaya mengurangi gejala-gejala penyakit
  • Kenalilah hal-hal yang dapat memicu terjadinya vertigo bagi Anda.
Penyebab Dan Gejala Penyakit Vertigo Serta Pengobatannya | muhammad yamin | 4.5