Penyebab gusi berdarah Yang sering terjadi

Minggu, Januari 7th, 2018 - ARTIKEL SEHAT, Kumpulan Efek Samping, Tips Sehat
Penyebab gusi berdarah Yang sering terjadi

Penyebab gusi berdarah Yang sering terjadi

Penyebab gusi  berdarah Yang sering terjadi – Kesehatan mulut penting untuk kita perhatikan. Sebagian dari kita mungkin mengatakan  menyikat gigi 3 kali mulut pasti sudah sehat. Anggapan seperti itu tidak sepenuhnya benar, karena terkadang orang yang rajin menyikat gigi sekalipun masih sering mengalami masalah pada mulutnya.

Ini dikarenakan didalam mulut itu bukan hanya ada gigi, tapi ada lidah, gusi dan kerongkongan. Kesemuanya itu memerlukan perawatan sendiri sendiri. Hal ini dapat dibuktikan, ketika anda menyikat gigi, sering ditemukan kasus gusi berdarah padahal kita yakin gusi sama sekali tidak terkena sikat gigi. Untuk itu saya akan coba membahas mengenai apa itu gusi berdarah dan apa penyebabnya?

Pertama tama kita perlu memahami bahwa gusi itu hanyalah daging yang memiliki jaringan sel. Tidak seperti gigi yang keras dan tidak memiliki jaringan sel. Inilah yang menyebabkan gigi tidak mungkin berdarah, jadi salah kaprah ketika kita mengatakan “gigi saya berdarah”.

Padahal yang mengalami pendarahan adalah tempat tumbuhnya gigi yakni gusi. Gusi sering berdarah menandakan anda kurang merawat kesehatan mulut khususnya gigi sehingga bakteri atau jamur berkembang didalam mulut. Bakteri atau jamur ini yang kemudian menjadi berwana merah ketika kita sedang menyikat gigi yang kadang kita sangka sebagai darah padahal bukan.

Penyebab gusi berdarah haruslah di pahami agar bisa kita hindari

Salah satu  penyebab gusi berdarah  karena kesalahan kita dalam membersihkan gigi. Sebagian besar orang Indonesia ketika selesai makan biasanya mengorek orek sisa makanan yang terselip diantara gigi dengan menggunakan benda runcing seperti lidi ataupun tusuk gigi yang jelas jelas bisa melukai gusi.

Jadi jauhi kebiasaan seperti ini karena bukannya mulut anda bersih malah akan menimbulkan penyakit sariawan. Selain itu menyikat gigi juga bisa menjadi fatal bila dilakukan secara ekstrim, dalam artian menyikat gigi yang terlalu sering dan dilakukan dengan keras sehingga terkadang melukai gusi hingga berdarah.

Plak gigi juga terbukti bisa merusak kesehatan gusi bila dibiarkan menumpuk bisa memicu penyakit gingivitis yang merupakan penyakit kronis pada gigi. Ciri ciri givingitis adalah gusi kemerahan, gusi menjadi bengkak, secara reflex atau spontan gusi mengeluarkan darah saat menyikat gigi dan dalam keadaan rileks.

Bahkan kalau tidak segera ditangani dan dibiarkan berlarut larut bisa menjadi periodontitis atau peradangan pada jaringan yang mendukung gigi. Periodontitis disebabkan oleh bakteri yang sebelumnya telah menyebabkan givingitis . Jadi segera bersihkan gigi anda dari plak yang mungkin timbul akibat sisa makanan yang mengendap pada gigi demi mencegah penyakit yang lebih berbahaya.

Dari penjelasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa penyebab gusi berdarah bisa dua kemungkinan yaitu penyebab local dan sistemik. Penyebab local dikarenakan kebersihan gigi dan mulut yang buruk, trauma pada gusi karena intensitas menyikat gigi yang berlebihan, posisi gigi yang tidak beraturan yang menyebabkan sisa makanan menempel pada sela gigi dan menjadi plak.

Penyebab sistemik bisa dikarenakan karena tubuh kekurangan vitamin c , vitamin k tyang penting untuk pembekuan darah , gangguan hormone yang memicu panas tubuh menjadi berubah ubah dan penggunaan obat obatan yang berlebihan sehingga mempengaruhi sel sel tubuh.

Demikian artikel kami tentang ” penyebab gusi bedarah yang sering terjadi ” semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Penyebab gusi berdarah Yang sering terjadi | muhammad yamin | 4.5