Inilah Penyebab sariawan di lidah Anda

Rabu, Januari 3rd, 2018 - gejala penyakit, Tips Sehat
 Penyebab sariawan di lidah Anda

Penyebab sariawan di lidah Anda

Inilah Penyebab sariawan di lidah AndaPenampilan luar adalah sesuatu yang sangat penting bagi sebagian besar orang. Namun coba bayangkan bila penampilan anda sudah keren dan tampak sempurna namun ketika anda berbicara, ada bau tak sedap keluar dari mulut anda??? Anda pasti akan linglungkan. Penyebab bau tak sedap menandakan kesehatan mulut anda sedang tidak baik. Maka itu anda perlu mengecek terlebih dahulu penyebabnya. Mungkin anda sedang terkena sariawan.

Sariawan sendiri dalam bahasa kedok

teran disebut dengan “stomatitis “ yaitu bintik putih kekuningan yang biasanya muncul pada bagian dalam mulut akibat terjadinya peradangan. Sariawan biasanya menyerang bibir, gusi, langit langit dalam mulut bahkan lidah sekalipun namun pada artikel ini kami akan lebih konsen menjelaskan penyebab sariawan di lidah anda. Pada dasarmya penyebab munculnya sariawan ada berbagai macam mulai dari factor hormonal (kondisi/kesehatan tubuh) yang memang sedang mengalami gangguan, adanya perubahan struktur sel pada rongga mulut, atau factor eksternal seperti cuaca yang sering berubah ubah dan asupan makanan yang buruk ataupun karena factor tekhnis seperti tergigit sewaktu makan dan terkena sikat gigi. Tentu hal ini sering terjadi dalam kehidupan sehari hari.

Sariawan memang tidak termasuk penyakit berbahaya, namun akan sangat menyiksa aktifitas sehari hari terutama bila yang terkena sariawan adalah lidah anda maka dari itu anda perlu tahu apa penyebab sariawan di lidah agar bisa anda hindari . Ketika makan makanan panas, asin, pedas ataupun manis anda akan merasakan kepedihan yang sangat menyiksa yang bahkan akan menghilangkan selera makan. Penyebab sariawan bisa terjadi karena kekurangan vitamin c, daya tahan tubuh yang memang sedang berkurang,memakan makanan yang berminyak dalam jumlah besar, terjadi alergi atau infeksi, kondisi kebersihan mulut yang kurang terjagasehingga bakteri atau jamur  dalam mulut berkembang secara berlebihan, terkena sikat gigi waktu menyikat gigi atau bahkan terkena gigitan ketika anda sedang memakan sesuatu sehingga menyebabkan luka yang berujung pada terjadinya sariawan.

Sariawan dilidah berbeda pada sariawan pada bagian mulut lainnya seperti gusi atau langit langit mulut. Sariawan pada lidah jauh lebih perih dan waktu sembuhnya pun memakan waktu lama, bisa berminggu minggu bahkan bulanan tergantung tingkat kesehatan lidah anda. Ini pernah terjadi pada penulis, sariawan lidah ini membuat selera makan menjadi hilang, karena lidah yang merupakan indera yang fungsinya mengecap rasa malah anti pada rasa. Asin, pedas, manis akan memberikan rasa perih yang amat teramat sangat. Menurut dokter yang disadur dari detik.com sariawan lidah ini bila tidak ditangani dan dibiarkan begitu saja bisa menjadi kanker lidah. Tentu berbahaya kan??. Namun ini hanya terjadi 1 dari sekian ratus ribu pasien pengidap sariawan lidah. Jadi tidak semua yang menderita sariawan di lidah berpotensi menjadi kanker lidah.

Nah, anda pasti sudah tahu mengenai penyebab sariawan di lidah, jadi untuk mencegah penyakit ini jaga terus kondisi tubuh anda dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin c, kurangi makanan yang banyak mengandung minyak atau makanan yang terlalu panas yang bisa memicu timbulnya sariawan, jaga kesehatan mulut khususnya gigi dan lidah dengan sikat gigi secara teratur dan periksakan kesehatan mulut anda setidaknya sekali dalam 3 bulan kepada dokter gigi. Dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar senantiasa diberikan kesehatan baik jasmani dan rohani.

Perlu kita tahu kesehatan itu sebenarnya murah harganya.Akan lebih baik bila kita menjaga kesehatan kita mulai dari hal yang paling kecil sekalipun. Dan jangan menganggap remeh bahkan mengacuhkan kesehatan anda karena kesehatan itu baru akan terasa sangat berarti bilamana anda jatuh sakit. Keep healthy and enjoying your life

Demikianlah artikel singkat kami tentang penyebab sariawan di lidah semoga bermanfaat sehingga berdampak positif bagi kesehatan tubuh anda.

Inilah Penyebab sariawan di lidah Anda | muhammad yamin | 4.5