Penyebab Serta Gejala Penyakit Ispa

Minggu, Juli 23rd, 2017 - Kumpulan Efek Samping
Advertisement
gejala penyakit ispa

gejala penyakit ispa

Penyebab Serta Gejala Penyakit IspaInfeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan terjadinya infeksi parah pada sinus, saluran udara, tenggorokan, atau paru-paru. Infeksinya sering disebabkan karena adanya virus meski bakteri juga dapat menyebabkan kondisi tersebut. Kondisi ini mengakibatkan fungsi pernapasan mengalami gangguan. Bila tidak ditangani dengan segera dapat menyebabkan penyebaran ke seluruh sistem pernapasan tubuh. Tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup karena infeksi yang terjadi serta kondisi tersebut dapat berakibat fatal, bahkan juga mematikan.

ISPA dapat dibedakan menjadi common cold yang dipicu oleh respiratory syncytial virus, virus rhinovirus, adenovirus, dll. Dan Influenza yang dipicu oleh virus influenza berbagai tipe. ISPA sering muncul di musim pancaroba karena peningkatan sirkulasi virus di udara. Selain itu, adanya perubahan udara dari panas menjadi dingin dapat memperlemah daya tahan tubuh dari anak sehingga menjadi lebih rentan terserang penyakit ini.

ISPA seharusnya dianggap sebagai kondisi yang darurat karena jika mencurigai adanya gejala penyakit ISPA agar segera mencari bantuan medis. Kondisi tersebut berpotensi untuk menyebarkan dari orang ke orang. Orang yang mengalami kelainan sistem pada kekebalan tubuh serta lanjut usia akan lebih mudah terserang. Terlebih lagi anak-anak yang di mana sistem kekebalan tubuhnya belumlah terbentuk sepenuhnya.

Selain itu, cairan yang mengandung virus ataupun bakteri yang tertempel pada permukaan benda dapat menular ke orang lain ketika menyentuhnya. Hal ini disebut dengan penularan secara tidak langsung. Dalam menghindari penyebaran virus dan bakteri, ada baiknya mencuci tangan secara teratur terutama saat setelah melakukan aktivitas dari tempat umum.

Penyebab ISPA

Berikut merupakan beberapa mikroorganisme penyebab terjadinya ISPA yang sudah dapat diketahui, antara lain :

  • Adenovirus. Virus ini memiliki lebih dari 50 jenis yang mengakibatkan gangguan sistem pernapasan, seperti pilek, pneumonia, dan bronkitis.
  • Rhinovirus. Ini merupakan jenis virus yang menyebabkan pilek. Tetapi pada anak kecil serta orang dengan sistem kekebalan lemah, pilek biasa dapat berubah menjadi ISPA saat tahap yang serius.
  • Pneumokokus. Ini merupakan jenis bakteri penyebab meningitis. Tetapi bakteri ini dapat memicu gangguan sistem pernapasan lain, misalnya pneumonia.

Sistem kekebalan tubuh pada seseorang sangatlah berpengaruh dalam melawan infeksi dari virus ataupun bakteri terhadap tubuh. Resiko seseorang mengalami infeksi dapat meningkat saat kekebalan tubuh melemah. ISPA dapat lebih mudah menjangkiti penderita penyakit jantung atau yang memiliki gangguan pada paru-parunya. Perokok berisiko tinggi terkena infeksi saluran pernapasan akut serta cenderung lebih sulit dipulihkan terhadap kondisi ini.

 

Gejala penyakit ISPA

ISPA dapat menimbulkan gejala terutama yang terjadi pada hidung ataupun pada paru-paru. Beberapa gejala penyakit ISPA antara lain:

  • Hidung tersumbat serta berair.
  • Batuk-batuk dan juga tenggorokan terasa sakit.
  • Para-paru terasa terhambat.
  • Tubuh merasa sakit.
  • Kerap merasa kelelahan.

Apabila bertambah parah, gejala penyakit ISPA yang lebih serius dapat muncul, seperti:

  • Kesulitan dalam bernapas.
  • Demam tinggi serta menggigil.
  • Tingkat oksigen dalam darah menjadi rendah.
  • Kesadaran menurun dan bahkan juga dapat pingsan.
Advertisement
Penyebab Serta Gejala Penyakit Ispa | muhammad yamin | 4.5