Beberapa jenis tanaman obat wasir Tanpa efek samping

Senin, Oktober 3rd, 2016 - ARTIKEL SEHAT, Obat Herbal
Advertisement
tanaman obat wasir

tanaman obat wasir

Beberapa jenis tanaman obat wasir Tanpa efek samping –  Indonesia, selain kaya akan rempah rempah juga kaya akan tanaman herbal yang memiliki banyak macam ragam manfaat dan kegunaan. Wajar bila kemudian Indonesia menjadi riset tanaman obat herbal terkemuka didunia. Mulai dari obat herbal penyakit luar hingga penyakit dalam, tak terkecuali wasir. Mengingat sebagian masyarakat Indonesia masih tabu bila mendengar kata “operasi” tanaman herbal pun dicari dan diminati untuk membantu gejala penyakit ini. Ada beberapa jenis tanaman obat wasir yang biasa digunakan dan hanya tumbuh di Indonesia diantaranya :

  1. Tomat

Jenis tanaman obat wasir yang pertama adalah tomat . Tomat memang memiliki segudang manfaat. Selain kandungan gizinya yang tinggi tomat juga bisa digunakan untuk mengobati wasir. Ambil beberapa buah tomat yang sudah matang dan potong menjadi beberapa bagian. Haluskan dan tambahkan sedikit minyak kelapa. Diamkan selama beberapa menit. Saring dengan kain bersih. Setelah dingin usapkan pada wasir anda dan lakukan ini setiap hari

 

  1. Lidah buaya

Siapkan daun lidah buaya, dua sendok makan madu, dan segelas air hangat. Hilangkanlah duri dari pelepah daun lidah buaya lalu cuci hingga bersih kemudian parut. Hasil parutan dicampur dengan air hangat dan madu. Lalu aduk kemudian saring airnya dan minum ramuan lidah buaya ini 3 kali sehari

 

  1. Daun tapak liman

Siapkan daun tapak liman sekitar setengah kilogram dan rebus sampai mendidih dalam 1 liter air. Gunakan panci yang memiliki lubang ditengahnya. Ini berfungsi agar uap air keluar melalui lubang tersebut karena hasil uap itu yang digunakan untuk mengobati wasir dengan cara mengarahkan uap itu pada wasir.

 

  1. Urang aring

Jenis tanaman obat wasir  selanjutnya adalah urang aring .Tanaman urang aring memang banyak dimanfaatkan untuk menyuburkan rambut. Namun ternyata urang aring juga bisa digunakan untuk mengobati wasir. Siapkan beberapa lembar daun urang aring, daun iler, 1 buah kayu ules dan segelas air. Rebus semuanya hingga mendidih lalu saring dan tambahkan 1 sendok makan madu asli. Minum 2 kali sehari saat pagi dan malam.

 

  1. Tanaman cocor bebek

Cocor bebek berfungsi mengurangi peradangan, pembengkakan dan pendarahan. Ambil 50 lembar daun cocor bebek, cuci hingga bersih lalu angin anginkan hingga kering. Setelah itu tumbuk halus sampai jadi bubuk. Simpan dalam wadah tertutup. Cara penyajiannya adalah masukkan satu sendok bubuk daun cocor bebek tadi kedalam segelas air panas, anda bisa menambahkan madu jika ingin lalu aduk rata. Biasakan meminumnya 3 kali sehari.

 

  1. Akar kangkung

Orang dulu percaya akar kangkung memiliki khasiat mengobati ambeien, utamanya akar kangkung cabut. Caranya cuci bersih akar kangkung tersebut lalu rebus sampai layu. Hasil dari air rebusan tersebut digunakan untuk membasuh dan membersihkan anus yang terdapat wasir.

 

  1. Akar terung ungu

Siapkan kurang lebih 15 gram akar terung ungu lalu keringkan dan tumbuk  halus menjadi bubuk kemudian per 3 gram bubuk akar terung ungu dicampur dengan bubuk sambiloto, jus lidah buaya secukupnya dan aduk rata. Setelah tercampur oleskan pada wasir anda.

 

  1. Daun pegagan

Ambil segenggam daun pegagan yang masih segar , rebus dengan 3 gelas air, masak dengan api sedang hingga tersisa kira kira setengah gelas, dinginkan lalu saring dan minum 2 kali sehari.

 

  1. Daun salak

Jika anda mengalami wasir anda bisa menggunakan 3 lembar daun salak, cuci bersih kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih lalu saring. Anda bisa menambahkan gula merah secukupnya untuk menambah rasa. Minum di saat pagi dan malam hari.

 

  1. Daun bayam duri

Yang terakhir dari tanaman obat wasir  adalah daun bayam duri . Ambil daun dan batang bayam duri segar seperlunya. Cuci bersih dan rebus sampai mendidih. Gunakan uap yang keluar untuk menguapi wasir anda sedangkan airnya dapat digunakan untuk merendam wasir anda.

 

Itulah beberapa tanaman obat wasir  yang bisa kami informasikan . Bila dengan 1 cara masih belum bisa maka gunakan cara yang lain seperti yang kami jelaskan. Insya allah akan sembuh karena setiap penyakit pasti ada obatnya.

Beberapa jenis tanaman obat wasir Tanpa efek samping | muhammad yamin | 4.5