10 Jenis Penyakit Keturunan Yang Harus Anda Ketahui

Tuesday, February 23rd, 2016 - Artikel Kesehatan, Tips Sehat
10 JENIS PENYAKIT KETURUNAN YANG HARUS ANDA KETAHUI

10 JENIS PENYAKIT KETURUNAN YANG HARUS ANDA KETAHUI

10 Jenis Penyakit Keturunan Yang Harus Anda KetahuiDidunia ini ada berbagai macam jenis penyakit dengan penyebab yang beragam pula.Diantara penyebab penyakit itu, ada yang dikarenakan faktor keturunan.

Jenis penyakit keturunan pun sangat beragam, berikut 10 contoh jenis penyakit keturunan yang harus anda ketahui :

  1. Diabetes tipe 2

Jenis penyakit keturunan yang pertama adalah diabetes tipe 2, jika yang menderita diabetes hanya salah satu dari orang tua anda, maka resiko diturunkannya penyakit ini sebesar 15%.Sedangkan jika kedua orang tua menderita diabetes tipe 2 ini maka resiko diturunkannya penyakit ini meningkat menjadi 75%.

  1. Kolesterol tinggi

Penyakit yang dapat menimbulkan penyakit lain yang berbahaya ini juga termasuk jenis penyakit keturunan. Jika salah satu dari orang tua anda mendapati FH atau kolesterol tinggi maka resiko anda terkena FH pula sebesar 50%.

  1. Asma

Ibu merupakan orang yang paling berpengaruh terhadap menurunnya penyakit asma.Sebesar 30% kasus asma disebabkan oleh faktor keturunan.

  1. Hemofilia

Penyakit yang disebabkan kurangnya pembekuan darah 8 atau 9 ini salah satujenis penyakit keturunan yang banyak dijumpai.Penyakit ini sering timbul saat anak-anak masih kecil dan paling banyak menyerang pria.

  1. Buta warna

Buta warna adalah penyakit yang banyak disebabkan karena keturunan mutasi gen, namun tidak menutup kemungkinan jika buta warna disebabkan karena kerusakan organ mata.Buta warna bisa terdeteksi saat masih anak-anak atau bisa juga saat sudah dewasa.

  1. Hipertensi

Jenis penyakit keturunan selanjutnya adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi.Resiko orang tua mewariskan hipertensi ke anaknya sebesar 15%.Anda dapat mencegah hipertensi keturunan ini dengan pola hidup yang baik.

  1. Albino

Albino adalah kelainan gen, atau terdapatnya gen albino pada kedua orang tua sehingga menurun pada anaknya. Namun sayangnya orang tua yang memiliki gen albino tidak terdeteksi secara kasat mata dan tumbuh dengan normal. Oleh karena itu lakukan pengecekan secara medis untuk mengetahuinya.

  1. Alergi

Alergi adalah jenis penyakit keturunan yang resiko penurunannnya cukup besar yaitu mencapai 70%, itu terjadi jika kedua orang tuanya alergi, namun jika hanya salah satu orang tua maka resiko diturunkannya alergi sebesar 30%.

  1. Parkinson

Jika orang tua anda menderita penyakit parkinson maka resiko anda terkena parkinson juga adalah dua kali lipat, dibanding orang yang memiliki orang tua yang tidak menderita parkinson.

  1. Thalasemia

Jenis penyakit keturunan yang terakhir adalah thalasemia, yaitu penyakit yang disebabkan karena mudahnya hemoglobin pecah sehingga mengharuskan anak transfusi darah rutin agar hemoglobinnya normal.Resiko diturunkannya penyakit ini adalah sebesar 25%.

 

Beberapa jenis penyakit keturunan yang sudah disebutkan diatas semoga menambah pengetahuan anda dan meningkatkan kewaspadaan anda terhadap berbagai macam penyakit.

10 Jenis Penyakit Keturunan Yang Harus Anda Ketahui | muhammad yamin | 4.5