11 Efek Samping Propolis Bagi tubuh

Saturday, May 25th, 2019 - Kumpulan Efek Samping
efek samping propolis

efek samping propolis

11 Efek Samping Propolis Bagi tubuh – Akhir-akhir ini, pengguna propolis semakin banyak saja. berbagai jenis propolispun banyak yang dijual di pasaran bebas. Semakin banyak yang mencarinya, semakin banyak pula yang bertanya-tanya tentang efek samping propolis itu sendiri. Propolis memang besar manfaatnya bagi tubuh. Bahkan, seorang peneliti bernama Dr. Leonar Mc Kewan telah menuliskan bahwa selama kurang lebih 2500 tahun lamanya pemakaian propolis oleh berbagai kalangan masyarakat, dari banyak jenis budaya sama sekali tidak ditemukan efek samping yang serius atas penggunaannya.

Tanpa mengalami kendala, banyak dokter di Rusia biasa memberikan dosis 9 gram propolis setiap harinya pada pasien mereka. Namun, seringkali kita yang biasa mengkonsumsi propolis mengalami efek samping ringan yang kurang disadari seperti tenggorokan dan mulut yang terasa kering serta kulit yang terasa hangat saat dioleskan propolis.

Efek samping penggunaan propolis sebenarnya bisa saja terjadi. Ini karena adanya reaksi dalam tubuh yang menandakan obat tersebut tengah bekerja. Efek samping yang terjadinya umumnya hanya sementara dan masih ada kaitannya dengan penyakit yang diderita. Bagi sebagian orang yang menjadi pengguna pemula memang terasa kurang nyaman. Tidak sedikit yang kemudian menyimpulkan bahwa propolis membuat penyakit yang diderita menjadi semakin parah.

Bisa dikatakan efek samping yang terjadi ini adalah proses tindak balas atau reaksi balik dari tubuh. Ini hanya berlangsung selama lebih kurang 1 minggu saja dan menjadi pertanda bahwa obat yang dikonsumsi atau digunakan sedang bekerja dalam tubuh. Jadi tidak perlu khawatir karenanya. Nah, berikut ini berbagai efek samping propolis yang umum dirasakan pada tubuh manusia.

11 Efek Samping Propolis Bagi tubuh

  1. Mual Hingga Diare

Ini berhubungan dengan proses penyembuhan untuk jenis penyakit yang ada kaitannya dengan gangguan pencernaan

  1. Pusing-pusing

Biasanya terjadi pada anda yang sedang mengalami gangguan pada kepala dan sedang dalam proses penyembuhan pencernaan

  1. Demam

Proses ini merupakan pengikatan bakteri dan virus, atau indikasi bahwa dalam tubuh anda terlalu banyak bakteri ataupun virus

  1. Gatal-gatal

Ini berarti adanya proses pembuangan racun dalam tubuh melalui kulit

  1. Mengantuk

Terjadi karena adanya proses penyembuhan pada fungsi hati serta detoksifikasi tubuh

  1. Bersin dan Batuk

Proses pengeluaran racun melalui dahak serta perbaikan fungsi organ paru

  1. Beser

Ini berarti adanya proses pembuangan racun melalui air seni

  1. Kejang

Proses penyembuhan untuk peradangan ginjal

  1. Nyeri Sendi

Adanya proses penyembuhan untuk penderita reumatik

  1. Berkeringat

Proses pembuangan racun melalui kulit

  1. Pegal

Proses detoksifikasi pembuluh darah

 

Nah, itulah beberapa Efek Samping Propolis Bagi tubuh. Anda tidak perlu khawatir karena sesungguhnya efek samping yang terjadi merupakan reaksi dari obat yang telah bekerja, dan hanya berlangsung selama satu minggu saja.

11 Efek Samping Propolis Bagi tubuh | muhammad yamin | 4.5