11 Manfaat Waluh Yang Harus Anda ketahui

Wednesday, July 3rd, 2019 - Artikel Kesehatan, Tips Sehat

 

manfaat waluh

manfaat waluh

11 Manfaat Waluh Yang Harus Anda ketahui – Buah Labu Kuning atau yang lebih kita kenal dengan Waluh, sering kita lihat dalam film-film Barat yang digunakan pada saat perayaan Halloween, tapi berbeda dengan di Indonesia. Waluh justru dicari setiap harinya untuk digunakan sebagai sayur untuk memenuhi menu empat sehat lima sempurna. Pada saat bulan Ramadhan pun tak terlewatkan karena Waluh dapat juga dijadikan makanan seperti kolak atau menjadi minuman segar saat dicampurkan dengan beberapa jenis buah lainnya.

Waluh ini sangat mudah ditemukan, apalagi di Indonesia yang iklimnya hangat, memang sangat mudah tumbuh, walaupun asal tumbuhan ini sebenarnya berasal dari benua Amerika. Harganya yang murah di pasar modern ataupun tradisional, tidak sebanding dengan kandungan dan manfaat yang dapat kita ambil dengan mengonsumsi Waluh. Berikut   11 Manfaat Waluh Bagi Kesehatan tubuh :

  1. Mencegah penuaan dini dan kanker

Karotenoid yang terdapat pada Waluh yang berwarna orange cukup tinggi. Karotenoid dalam buah Waluh sebagian besar memiliki senyawa beta-karotena yang merupakan salah satu provitamin A dan juga sebagai antioksidan, yang mampu mencegah penuaan dini dan kanker.

  1. Mengurangi resiko hipertensi.

Waluh juga mengandung zat kalium yang berguna untuk membantu mengurangi resiko penyakit darah tinggi.

  1. Menurunkan berat badan

Dengan mengonsumsi Waluh untuk makan malam dan sarapan pagi secara teratur dapat menurunkan berat badan kita.

  1. Meningkatkan Fungsi metabolisme

Kandungan zat kalium dalam Waluh juga bermanfaat untuk mendukung kelancaran metabolisme. Hal ini penting karena menjaga keseimbangan air dan elektrolit (asam-basa) di dalam sel tubuh.

  1. Memperkuat Tulang.

Waluh juga mengandung zinc yang bermanfaat untuk memperkuat massa tulang dan mencegah kerusakan dini sel-sel tubuh oleh radikal bebas, sehingga dapat mencegah gejala osteoporosis

  1. Menjaga kesehatan mata

Senyawa beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin dalam Waluh juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, mencegah katarak, dan degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan.

  1. Mengobati penyakit cacingan

Manfaat waluh selanjutnya adalah ampuh mengobati cacingan ,caranya sangat mudah cukup meminum air perasan buah yang memiliki warna kuning ini.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Selain beta-karoten, buah Waluh juga kaya akan asam lemak, protein, vitamin E, zinc, dan magnesium yang bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih segar dan sehat.

  1. Mencegah Stroke

Antioksidan beta-karoten tadi juga dapat bertindak sebagai zat anti-inflamasi. Dengan mengonsumsi buah Waluh secara teratur dapat mencegah pengendapan kolesterol pada dinding arteri, sehingga akan mengurangi resiko penyakit stroke.

  1. Mencegah sembelit

Buah Waluh yang kaya akan serat sangat baik untuk menjaga sistem saluran pencernaan dan mencegah sembelit.

  1. Membantu regenerasi sel kulit

Mengonsumsi buah Waluh juga dapat mendorong regenerasi sel kulit dan melawan kuman yang menjadi penyebab jerawat.

Nah, itu tadi beberapa manfaat yang terdapat dalam buah Waluh, semoga dengan mengonsumsi buah Waluh ini kita dapat lebih sehat lagi. terimah kasih telah membaca artikel kami yang berjudul ”  11 Manfaat Waluh Yang Harus Anda ” .Stay healthy ya, guys

 

11 Manfaat Waluh Yang Harus Anda ketahui | muhammad yamin | 4.5