13 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Monday, May 20th, 2019 - Artikel Kesehatan, Tips Cantik

13 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit.

Di india lidah buaya banyak dikonsumsi masyarakat sebagai makanan ringan dan sebagai kosmetik alami.Salah satu masalah yang kerap menimpa manusia seperti komedo bisa diatasi oleh lidah buaya, caranya pun cukup sederhana hanya dengan mengupas lidah buaya dan menganmbil intinya yang berupa lendir. Caranya dengan membasuhkan lendir lidah buaya ke area komedo.Lidah buaya berkhasiat menghaluskan dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

Lidah buaya adalah tanaman super yang memiliki banyak manfaat baik untuk kecantikan hingga kesehatan. Tanaman dengan nama ilmiah Aloe vera ini memiliki beragam vitamin seperti A, B, C, dan E serta 18 jenis asam amino di dalamnya. Lidah buaya pun bersifat anti virus dan anti bakteri yang tentu saja bisa mendukung kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

1.Pengawet makanan

Daun lidah buaya yang tebal data berfungsi sebagai pengawet makanan alami. Dalam sebuah percobaan, lidah buaya dapat mengawetkan buah anggur segar selama lebih dari 35 hari. Ekstrak dari lidah buaya dapat mencegah pertumbuhan dari beberapa jenis mikroba tertentu sehingga membuat makanan menjadi lebih awet.

2.Tinggi zat antioksidan

Gel dalam lidah buaya tinggi akan zat antioksidan yang disebut dengan polifenol. Polifenol bersamaan dengan senyawa lainnya di dalam lidah buaya memberi manfaat lidah buaya untuk menghambat pertumbuhan bakteri tertentu yang bisa menyebabkan infeksi.

3. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Manfaat lidah buaya lain adalah seringnya tanaman ini digunakan sebagai obat topikal alias lebih sering digosokkan di kulit daripada dimakan. Khasiatnya adalah untuk mempercepat proses penyembuhan luka, terutama luka bakar.

4.Skin care

Lidah buaya sudah digunakan untuk mengobati penyakit kulit sejak zaman dulu. Ekstrak jel lidah buaya adalah bahan alami terbaik untuk luka di kulit. Banyak dari produk kecantikan, peralatan mandi dan kosmetik mengandung ekstrak lidah buaya. Kalau kamu memiliki tanaman lidah buaya, ambil jel dari dalam daun lidah buaya dan aplikasikan ke wajah. Hal ini lebih efektif dari pada krim-krim wajah yang selama ini kamu gunakan.

5.   Mengobati kanker tenggorokan

Sariawan yang berlangsung secara terus-menerus bisa menjadi cikal bakal tumbuhnya sel kanker tenggorokan. Dan manfaat lidah buaya lain adalah mampu menyembuhkan sariawan tersebut dengan cara mengoleskan getah lidah buaya di area yang terkena sariawan secara terus-menerus.

6.    Menurunkan gula darah

Manfaat lidah buaya yang lain adalah untuk menurunkan kadar gula di dalam darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi lidah buaya memiliki gula darah yang rendah sebab senyawa alami dalam lidah buaya akan meningkatkan sensitivitas insulin.

7.    Menutrisi tubuh

Lidah buaya dipenuhi dengan beragam nutrisi alami. Mengonsumsinya membuat manfaat lidah buaya akan memasuki tubuh dengan cara menutrisi dan meningkatkan imunitas.

8.   Meningkatkan fungsi lever

Untuk mendukung kesehatan lever, maka detoksifikasi adalah kuncinya. Dan manfaat lidah buaya berikutnya adalah mendukung proses tersebut. Konsumsi lidah buaya juga memberikan suntikan nutrisi untuk lever karena tingginya kandungan fitonutrien di dalamnya.

9.    Menghidrasi tubuh

Lidah buaya merupakan tanaman yang tinggi akan kandungan air di dalamnya. Sehingga manfaat lidah buaya lainnya adalah untuk menghidrasi tubuh. Tubuh yang terhidrasi dengan baik membuat racun akan keluar dengan lancar sehingga organ tubuh bisa berfungsi dengan maksimal. Tubuh yang terhidrasi dengan baik juga memungkinkan untuk terjadinya proses pemulihan yang cepat setelah kamu berolahraga.

10.  Mengatasi naiknya asam lambung

Minum lidah buaya akan membantumu untuk mengatasinya naiknya asam lambung. Sebabnya lidah buaya tinggi akan kandungan nutrisi alami yang bisa menurunkan asam lambung.

11.  Manfaat lidah buaya untuk kulit

Menurut ahli kecantikan dari India, Dr. Deepali Bhardwaj, lidah buaya kaya akan vitamin C, E, dan beta karoten yang diperlukan kulit untuk selalu sehat. Lidah buaya bisa melembabkan kulit tanpa membuatnya berminyak atau melindungi kelembaban kulit di tengah udara dingin. Manfaat lidah buaya untuk kulit lainnya adalah berguna untuk menghilangkan noda kulit, mengobati luka bakar, hingga mengatasi stretch mark.

12.  Manfaat lidah buaya untuk rambut

Lidah buaya mengandung zat yang disebut enzim proteolytic yang bisa memperbaiki sel kulit mati di kulit kepala. Zat ini juga memberi manfaat lidah buaya untuk menyembuhkan kerontokan rambut, melembabkan rambut, dan menjadikannya kuat.

13.  Manfaat lidah buaya untuk penurunan berat badan

lidah buaya akan meningkatkan efektivitas diet karena tingginya kandungan asam amino, enzim, dan sterol di dalamnya. Lidah buaya juga tinggi protein yang terbukti mampu meningkatkan perkembangan otot dan memberikan suntikan energi saat sedang diet.

Lidah buaya, entah itu dikonsumsi atau dioleskan getahnya mengandung banyak manfaat sehat. Pastikan bahwa lidah buaya yang akan kamu gunakan adalah lidah buaya segar sehingga kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

13 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan | Elis | 4.5