2 Penyebab Paru-paru Basah yang Perlu Diwaspadai

Tuesday, July 9th, 2019 - Artikel Kesehatan
penyebab paru-paru basah

penyebab paru-paru basah

2 Penyebab Paru-paru Basah yang Perlu Diwaspadai – Paru-paru basah atau dalam istilah medisnya pneumonia merupakan peradangan atau infeksi dari satu ataupun kedua paru-paru. Peradangan atau infeksi yang terjadi disebabkan adanya jamur, bakteri dan virus. Pada beberapa kasus paru-paru basah, penderitanya tidak bisa disembuhkan hingga berujung pada kematian. Nah, kali ini saya akan membahas mengenai paru-paru basah, gejala dan penyebab paru-paru basah serta pencegahan dan pengobatan paru-paru basah.

Gejala dan Penyebab Paru-paru Basah

Ketika penderita mengalami paru-paru basah, gejala yang seringkali dialami adalah batuk berdahak yang disertai dengan darah. Sistem pernafasan juga terganggu dan dada terasa nyeri. Penderita paru-paru basah juga akan merasakan sakit di kepala, beberapa bagian otot dan juga di tenggorokan. Gejala paru-paru basah lainnya seperti menurunnya nafsu makan juga akan dirasakan seorang penderita.

Penyebab Paru-paru Basah

  1. Bahan kimia
  2. Berbagai virus dan bakteri

Nah, berikut ini penjelasan lebih lanjut dari 2 penyebab penyakit pneumonia tersebut:

Umumnya, penyebab penyakit paru-paru basah ini karena penderitanya menghirup bahan kimia yang tergolong berbahaya. Seorang penderita paru-paru basah mempunyai kantung udara di dalam paru yang berisikan cairan berupa nanah yang mengganggu sistem kerja organ paru yang akan mentransfer oksigen menuju darah.

Virus menjadi salah satu penyebab penyakit paru-paru basah atau pneumonia ini. virus influenza, sinsitial pernapasan, adenovirus dan juga painfluenza merupakan nama virus penyebab pneumonia yang seringkali terjadi. Penyebab pneumonia yang juga umum terjadi seperti aspirasi kandungan lambung dan iritasi lainnya.

Bakteri yang menjadi penyebab paru-paru basah bisa terjadi melalui mulut atau hidung ketika sedang bernafas di lingkungan sekitar orang yang juga terkena infeksi.  Orang yang memiliki risiko lebih tinggi terkena paru-paru basah ialah mereka yang perokok aktif, engkonsumsi minuman beralkohol, orang dengan sistem kekebalan yang lemah, pengidap beberapa penyakit kronis seperti diabetes, jantung, asma, kanker, HIV dan lainnya.

Pencegahan dan Pengobatan Paru-paru Basah

Berikut beberapa hal sebagai pencegahan paru-paru basah yang bisa dilakukan:

  1. Menjaga kebersihan di lingkungan sekitar tempat tinggal yang bisa menjadi tempat tumbuh kembangnya bakteri dan virus yang bisa menyebabkan paru-paru basah.
  2. Jagalah sirkulasi udara yang baik di dalam ruangan rumah anda
  3. Konsumsilah sayur dan buah untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh
  4. Lakukanlah vaksin imunisasi, khususnya pada anak. Ini bisa mencegah penyakit paru-paru basah serta adanya serangan dari virus haeomophylus influenza tipe B

 

Pengobatan Paru-paru Basah

Untuk pengobatan paru-paru basah, anda bisa mengambil langkah dengan mengkonsumsi obat herbal yang sekarang ini sudah banyak dijual di pasar tradisional. Anda juga bisa membuat sendiri dan mengkonsumsi ramuan herbal yang terdiri dari ekstrak kulit manggis, bunga rosella, dan daun sirsak.

Nah, itulah penjelasan mengenai gejala dan Penyebab Paru-paru Basah basah serta pencegahan dan pengobatannya. Semoga artikel ini membantu anda yang sedang membutuhkannya. Terimakasih.

 

2 Penyebab Paru-paru Basah yang Perlu Diwaspadai | muhammad yamin | 4.5