20 Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan

Thursday, May 16th, 2019 - Obat Herbal

20 Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan

Ciplukan adalah tanaman liar yang biasa ditemukan di kebun, pesawahan yang mengering, hingga pinggir hutan yang banyak disinari matahari.Ciplukan memiliki bentuk buah yang unik karena buahnya diselubungi oleh kelopak yang menggembung. Buah akan berwarna hijau ketika baru tumbuh dan berubah menjadi kuning ketika sudah masak.

Diindonesia sendiri ciplukan memiliki sebutan yang berbeda-beda seperti leletokan dalam bahasa Minahasa, kopok-kopokan dalam bahasa Bali, cecendet dalam bahasa Sunda, hingga nyurnyuran dalam bahasa Madura.

Buah yang memiliki nama latin Physalis angulata ini biasa disebut dengan morel berry atau physalis saja dalam Bahasa Inggris.Buah ciplukan kabarnya kini sudah semakin jarang ditemui di lahan liar, namun Anda justru dapat menemui buah ciplukan di pasar swalayan. Namun harganya bisa dikatakan fantantis karena bisa mencapai 500 ribu rupiah per kilogramnya. Selain itu, ciplukan juga kini banyak diperjualbelikan secara online. 

Tidak hanya di Indonesia saja, Ciplukan juga banyak di budidaya di berbagai negara seperti Amerika Selatan, Selandia Baru, dan Australia. Namun yang banyak dibudidayakan adalah jenis ciplukan badak atau Physalis peruviana yang memiliki ukuran lebih besar.

Kandungan buah dan daun Ciplukan 

Manfaat ciplukan untuk kesehatan ini tentunya tidak lepas dari kandungan senyawa yang ada dalam tanaman ciplukan. Kandungan tersebut antara lain seperti seperti saponin, flavonoid, polifenol (dalam bantuk tanin), alkaloid, kriptoxantin, vitamin C, asam stearat, asam sitrat, asam palmitat, asam malat, dan fisalin. Hampir semua bagian tanaman ciplukan dapat dimanfaatkan mulai dari buah, daun, akar, hingga batangnya.

Tidak hanya di Indonesia saja, Ciplukan juga banyak di budidaya di berbagai negara seperti Amerika Selatan, Selandia Baru, dan Australia. Namun yang banyak dibudidayakan adalah jenis ciplukan badak atau Physalis peruviana yang memiliki ukuran lebih besar.

Berikut manfaat daun dan buah ciplukan diantaranya:

  1. Kaya anti oksidan
  2. Mengatasi gejala penyakit Parkinson
  3. Menjaga kerja Saluran Kemaih
  4. Sebagai obat Penambah darah
  5. Menjaga kesehatan Mata
  6. Menjada Kesehatan Hati dan Ginjal
  7. Obat Herbal Tuberkolosis
  8. Cocok Dijadikan Makanan Diet
  9. Mengarasi Saluran Pernafasan
  10. Mengatasi nyeri Sendi dan Rematik
  11. Obat nyeri untuk penyakit lupus
  12. Mengatasi infeksi kulit
  13. Menurunkan kadar gula darah
  14. Mengatasi epilepsy
  15. Penyakit kuning
  16. Memiliki Efek Anti-inflamasi
  17. Meningkatkan Imunitas Tubuh
  18. Obat Herbal Kanker Payudara
  19. Membantu Proses Regenerasi dan Perbaikan Sel Tubuh
  20. Menurunkan kadar kolesterol

Itulah dia beberapa manfaat buah dan daun ciplukan yang dapat mengatasi beberapa penyakit memeng lebih dianggap lebih ekonomis dan juga lebih minim resiko. Hingga saat ini juga belum ditemukan efek samping dari penggunaan tanaman ciplukan untuk obat. Meskipun begitu jika anda sedang menjalan pengobatan tertentu, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu pada dokter anda  tentang penggunaan ciplukan sebagai pengobatan pendamping.

20 Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan | Elis | 4.5