3 Gejala Penyakit Sifilis yang Wajib Anda Ketahui

Friday, July 26th, 2019 - Artikel Kesehatan, Tips Sehat
gejala penyakit sifilis

gejala penyakit sifilis

3 Gejala Penyakit Sifilis yang Wajib Anda KetahuiSalah satu penyakit yang dapat ditularkan melalui hubungan seks adalah sifilis.Penyakit sifilis ini mudah sekali menular, apabila saat berhubungan seks salah satunya mengidap penyakit tersebut.apalagi jika dalam berhubungan seks tidak menggunakan kondom atau pengaman.

Gejala penyakit sifilis ini dapat langsung terlihat dalam beberapa hari setelah anda mengalami sifilis.Di bawah ini adalah beberapa gejala penyakit sifilis yang umum dirasakan oleh penderita :

 

  • Chancre 

Untuk gejala penyakit sifilis pada pria biasanya gejala pertama berupa adanya chancre di bagian P*nis. Setelah itu akan ada gejala kedua yakni luka-luka pada bagian p*nis, tenggorokan, mulut, dan dubur. Penyebab penyakit ini adalah bakteri treponema. Jika penyakit sifilis stadium satu ini tidak diobati akan muncul atau lebih parah lagi hingga 3 atau 6 minggu  dan akan membuat penyakit sifilis stadium 4.

 

  • Luka Kemerahan 

Sedangkan untuk gejala penyakit sifilis pada wanita pertama ditandai dengan luka berwarna kemerahan dan juga basah pada vagina, mulut atau poros usus.Luka ini di dunia kesehatan biasanya disebut dengan chancre yang menjadi tempat masuk spirochaeta pertama kalinya ke tubuh manusia. Chancre ini dalam beberapa minggu akan hilang, namun ini bukannya sembuh tapi akan meningkat ke stadium 2.

 

  • Ruam 

Gejala penyakit sifilis berupa ruam yang letaknya di tangan dan kaki.Selain itu juga pada stadium ini terdapat luka di bibir,tenggorokan, mulut, dubur dan juga vagina. Sebenarnya gejalanya mirip dengangejala flu, yakni pegal-pegal dan deman dan akan terjadi selama 2 minggu. Dan untuk stadium 3 gejala sifilis menjadi sifilis laten. Sifilis ini dapat berlangsung selama bertahu- tahun dan bersarang di dalam tubuh.

Dan untuk penyakit sifilis stadium 4 biasanya disebut sifilis tersier, dan pada tahap ini spirochaeta sudah menyebar keseluruh tubuh dan dapat membuat kerusakan otak, tulang, batang otak dan juga jantung.

 

Dari beberapa gejala penyakit sifilis diatas terdapat beberapa gejala umum yang biasanya terjadi diantaranya adalah badan yang tidak enak, mual, lelah, menggigil dan berkeringat, nafsu makan hilang, dan sakit kepala.

Setelah didiamkan beberapa saat penderita sifilis akan mengalami anemia. Munculnya ruam berwarna merah pada daerah vital dan akan terasa gatal. Rambut yang mudah rontok, adanya luka seperti tergigit serangga.

 

Itulah beberapa gejala penyakit sifilis yang wajib anda ketahui sehingga saat belum parah sudah dapat terobati dengan cepat dan mudah.Semoga bermanfaat.Terimakasih.

3 Gejala Penyakit Sifilis yang Wajib Anda Ketahui | muhammad yamin | 4.5