5 Cara Megobati Cantengan Dengan Cepat

Wednesday, July 10th, 2019 - Artikel Kesehatan, Obat Herbal
cara mengobati cantengan

cara mengobati cantengan

5 Cara Megobati Cantengan Dengan Cepat – Kali ini kami akan membahas tentang cara mengobati cantengan dengan cepat dan sudah terbukti, namun sebelum itu kami akan menjelaskan apa yang di maksud dengan cantengan. Dalam ilmu kedokteran cantengan dikenal dengan nama paronychia adalah suatu kondisi membengkak, nyeri pada bagian ujung jari selain itu cantengan juga menyebabkan adaya penumpukan cairan ( endema) dan bernanah pada bagian yang infeksi, kasus ini paling sering ditemukan pada jempol jari kaki.

Salah satu penyebab dari cantengan ini adalah pertumbuhan kuku yang tidak normal ( sisi kuku tumbuh ke dalam kulit ) sehingga menyebabkan infeksi, hal ini akan semakin parah jika kuku mendapat tekanan, tentunya hal ini akan memberikan ruang bagi infeksi berbagai mikroorganisme. jika tidak segera di obati cantengan akan semakin parah dan akan mengeluarkan bau yang tidak sedap, makanya kita perlu mengetahui cara mengobati cantengan dengan tepat . berikut kami akan jelaskan pencegahan dan cara mengobat cantengan dengan tepat dan tentunya sudah terbukti.

Pencegahan cantengan

Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar terhindar dari cantengan :

  • Potonglah kuku secara lurus. , hindari memotong kuku dengn mengikuti lengkungan jari
  • Memotong kuku terlalu pendek,
  • Bersihkan kulit mati atau kulit keras yang ada di sekitar kuku
  • Jangan menggunakan kaos kami terlalu tebal Gunakan , gunakan yang menurut anda paling nyaman di kaki
  • Jangan menggunakan sepatu dan sandal yang sempit
  • Jagalah selalu kebersihan kaki dan gunakan pelembap.

 

Selanjutnya cara mengobati cantengan :

  1. Menggunakan Air Hangat

 

Cara mengobati cantengan yang pertama adalah dengan menggunakan air hangat, caranya dengan merendam kaki beberapa menit pada air hangat, namun cara ini bias digunakan jika cantengan masih dalam keadaan belum parah atau baru merasakan gejalanya.

 

  1. Menggunakan Bawang merah

 

Salah satu cara alami mengobati cantengan adalah dengan menggunakan bawang merah, caranya haluskan bawang dan campur dengan minyak kelapa selanjutnya oleskan pada bagian yang sakit 3 kali sehari.

 

  1. Daun Pacar Kukuh

 

Cara mengobati cantengan selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran daun pacar kukuh dengan gula merah dan sedikit perasan jeruk nipis campur ke tiga bahan tersebut terus tempelkan pada ujung jari yang infeksi.

 

  1. Menipiskan kuku

 

Tips selanjutnya untuk mengobati cantengan adalah dengan menipiskan permukaan kuku, gunakan silet untuk mengeruk punggung kuku , hal ini akan membuat tekanan kuku melemah.

 

  1. Operasi

 

Cara terakhir untuk mengobati cantengan adalah dengan jalan operasi , hal ini dilakukan jika kondisi cantengan sudah sangat parah. Operasi ini akan mencabut kuku secarah utuh.

 

Demikian artikel kami tentang cara mengobati cantengan dengan cepat, selalu perhatikan kebersihan kaki kita karena mencegah lebih baik dari mengobati. Semoga bermanfaat..

 

 

 

 

5 Cara Megobati Cantengan Dengan Cepat | muhammad yamin | 4.5