5 Cara Menurunkan Gula Darah Paling Manjur

Friday, June 14th, 2019 - Artikel Kesehatan, Tips Sehat
cara menurunkan gula darah

cara menurunkan gula darah

5 Cara Menurunkan Gula Darah Paling Manjur – Kadar gula darah dalam tubuh sebaiknya dikontrol dengan baik jika tidak ingin menderita sejumlah penyakit berbahaya terutama diabetes. Oleh sebab itu, banyak sekali orang mencari cara menurunkan gula darah yang mudah dan manjur. Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah kadar gula darah meningkat, seperti beberapa cara yang akan kami berikan di bawah ini.

Hari raya lebaran memang telah berlalu hampir sebulan yang lalu, namun kebiasaan kita mengonsumsi makanan besar dan bermanis sepertinya susah sekali untuk dihindari. Masa liburan adalah masa dimana kita bebas mengonsumsi makanan yang ada di sekitar kita tanpa memperdulikan kadar kalori dalam makanan tersebut. maka tidak heran, setelah hari lebaran berlalu kadar gula darah tu mengalami peningkatan yang sangat melonjak.

Apabila gula darah melonjak, maka akan datang masalah-masalah kesehatan lain seperti masalah diabetes. Namun, berikut ini adalah cara mengatasi meningkatnya gula darah yang dapat anda coba agar kadar gula darah kembali normal.

5 Cara Menurunkan Gula Darah

  1. Mengonsumsi karbohidrat

Cara menurunkan gula darah yang pertama adalah dengan mengonsumsi karbohidrat sehat. Karbohidrat adalah asupan yang harus dikonsumsi tubuh, cara menentukan asupan karbohidrat sehat adalah dengan mengonsumsi roti tawar karena roti tawar mengandung karbohidrat yang memperlambat penyerapan glukosa.

  1. Mengonsumsi kayu manis

Ternyata dengan mengonsumsi kayu manis akan membuat turunnya kadar gula darah sebanyak 18-29%. Hal ini juga telah diperkuat dengan adanya penelitian yang pernah dilakukan. Untuk penderita diabetes atau pasien yang ingin menurunkan kadar gula darah sebaiknya menambahkan rempah-rempah pada kopi, teh dan yogurt. Menggunakan kayu manis juga menjadi solusi memberikan rasa manis yang alami pada makanan yang dikonsumsi.

  1. Jangan lewatkan makan malam

Jangan melewatkan malam, apalagi saat anda sedang lapar. Melewatkan makan malam saat anda kelaparan akan membuat bahan bakar tubuh melepakaskan glukosa dari hati dan kelamaan akan menyebabkan gula darah melonjak.

  1. Tidur cukup

Yang mempunyai masalah begadang sebaiknya kebiasaan ini dihindari. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa tidur kurang dari 8 jam akan meningkatkan kadar gula darah. Oleh sebab itu, istirahtkan tubuh anda dengan tidur minimal 8 jam setiap malam.

  1. Konsumsi kacang-kacangan

Cara mengatasi meningkatnya gula darah selanjutnya adalah dengan mengonsumsi kacang-kacangan. Ini karena kacang-kacangan mengandung serat yang tinggi sehingga membuat tubuh membutuhkan waktu lama dalam mencernanya baru kemudian dilepaskan menjadi glukosa. Selain itu, kacang mengandung lemak tak jenuh yang menolak peningkatan kadar gula darah.

Itulah 5 cara menurunkan gula darah dengan cara alami dan manjur. Saran kami sebaiknya gunakanlah cara aman dan alami daripada mengonsumsi obat-obatan yang malah dapat mempurburuk kesehatan.

 

5 Cara Menurunkan Gula Darah Paling Manjur | muhammad yamin | 4.5