5 Efek Samping Insulin Bagi Tubuh

Monday, June 3rd, 2019 - Kumpulan Efek Samping
efek samping insulin

efek samping insulin

5 Efek Samping Insulin Bagi Tubuh – Diabetes merupakan penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Ini merupakan suatu dari kondisi yang menyebabkan kadar gula darah akan meningkat dan produksi insulin menurun. Banyak dari sejumlah pasien diabetes yang tipe II atau II membutuhkan suntikan insulin. Seorang pasien penyakit diabetes memang perlu melakukan sunitikan insulin karena kadar insulin yang ada di dalam tubuhnya jatuh dari produksinya yang lambat.

Oleh karena itu, beberapa pasien harus menyuntikan insulin dengan teratur demi menstabilkan kadar gula darah yang ada dalam tubuh agar tubuh tetap sehat. Suntikan insulin faktanya dapat memiliki sedikit efek samping yang umum dan langka pada tubuh anda. Simaklah beberapa efek samping suntikan insulin pada pasien diabetes berikut ini.

Inilah 5 Efek Samping Insulin Bagi Tubuh Manusia

Gula darah akan menurun

Suntikan insulin akan membuat anda ketergantungan dan akan menurunkan kadar gula darah anda setiap waktu. Penurunan kadar gula darah ini akan membuat tubuh menjadi berkeringat, pernafasan cepat dan mual. Apabila tingkat penurunan kadar gula ini sampai substansial maka pasien akan jatuh pingsan. Selain itu ini juga akan membuat dari fungsi otak akan berjalan dengan lambat.

Iritasi kulit

Efek samping insulin yang negatif ialah akan membuat kulit menjadi iritasi atau peradangan dari jarum suntik. Beberapa pasien dari diabetes biasanya dianjurkan untuk menyuntikkan insulin secara teratur dan ini tentu saja dapat mempengaruhi jaringan kulit. Iritasi ini diikuti dengan kulit berubah menjadi kemerahan, bengkak dan juga akan merasakan gatal-gatal di area kulit. Selain itu akan membuat denyut jantung tidak teratur, kurangnya konsentrasi, dan lain-lain.

Metabolisme menurun

Efek samping suntikan insulin selain dapat menurunkan kadar gula darah juga dapat menurunkan metabolisme dalam tubuh. Hal ini juga akan menyebabkan perubahan metabolisme di dalam otak yang sering menimbulkan kejang. Ini merupakan salah satu suatu kondisi yang tergolong langka yang harus membutuhkan penanganan dokter.

Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan efek samping yang timbul dari penyuntikan insulin. Terlalu banyak kadar insulin di dalam tubuh maka dapat menurunkan tekanan darah anda. Hal inilah yang nantinya akan menyebabkan sakit kepala, mengantuk, lemas dan detak jantung akan berubah sangat cepat.

Hiperglikemia

Untuk kasus yang ekstrim, efek samping dari suntikan insulin ini akan menyebabkan hiperglikemia. Gejala lainnya yang timbul dari kondisi ini adalah rasa haus yang sangat ekstrim, letih dan juga sering kencing.

Itulah informasi seputar 5 Efek Samping Insulin , sebaiknya anda harus mampu mengontrol kadar gula darah anda dengan cara alami untuk menghindari suntikan insulin ini. pemanis buatan itu tentunya akan sangat berbahaya dan pastikan juga bahwa anda menyuntikan insulin 30 menit sebelum anda makan. Anda dapat menyuntikan insulin pada daerah lengan, perut ataupun daerah paha. Dan jangan lupa juga untuk mengkonsultasikan dengan dokter anda demi mendapatkan petunjuk yang terbaik.

 

Artikel Ini Tentang:

efek samping insulin pada pasien jantung
5 Efek Samping Insulin Bagi Tubuh | muhammad yamin | 4.5