5 Efek Samping Kemotrapi Yang Tidak Anda Ketahui

Tuesday, May 28th, 2019 - Kumpulan Efek Samping
efek samping kemotrapi

efek samping kemotrapi

5 Efek Samping Kemotrapi Yang Tidak Anda Ketahui – Efek samping kemotrapi ini memang banyak jenisnya mulai dari yang biasa bahkan sampai tingkat parah, kemotrapi ini sendiri biasanya di lakukan untuk menyembuhkan penyakit yang berbahaya contoh nya saja seperti penyakit jenis kanker, fungsi kemotrapi ini bisa berhasil dengan sukses namun juga bisa tidak karena semua tergantung pada si penderitanya, jika ia mempunyai daya tahan tubuh kuat maka ia akan sembuh seperti yang di harapkan.

Ada beberapa efek samping kemotrapi yang harus anda ketahui sejak awal sehingga jika ada teman atau keluarga yang menjalankan kemo maka anda bisa menjelaskan apa saja efek samping yang akan di alami setelah melakukan pengobatan kemotrapi ini.

Efek Samping Yang Dialami Setelah Kemotrapi

  1. depresi

efek samping kemotrapi yang pertama adalah terjadinya depresi dalam tubuh, biasanya saat menjalani kemotrapi tubuh kita akan mengalami beberapa masalah yang akhirnya membuat kita merasa stress dan depresi, sebenarnya hal ini adalah hal yang sangat wajar namun jika anda tidak bisa mengatasi depresi anda sendiri maka di khawatirkan akan membuat si pasien berbuat yang tidak diinginkan contohnya seperti bunuh diri. oleh karena itu sebaiknya anda bergabung dengan orang – orang atau komunitas dengan masalah yang sama karena biasanya dengan bergabung rasa depresi dan stress akan berkurang atau bahkan hilang.

  1. merasa lelah

efek berikutnya adalah sering merasa lelah, kebanyakan orang yang menjalani kemotrapi ini sering merasa lelah, hal ini biasanya di sebabkan oleh tubuh yang tidak kuat atau terlalu lemah, untuk mengatasi masalah ini maka sebaiknya anda tidur siang dengan jarak satu sampai dua jam saja

  1. menyebabkan diare

diare merupakan salah satu efek samping kemotrapi yang sering dirasakan oleh orang – orang yang menjalani pengobatan ini, untuk mengatasi diare ini maka anda bisa mengkonsumsi buah – buahan seperti pisang secara rutin, dengan demikian maka diare pun akan berkurang

  1. masalah berat badan

bagi anda yang pernah melihat orang kemotrapi dengan badan gemuk kemudian pada saat keluar menjadi kurus maka hal itu sudah tidak asing lagi, mengapa ? karena saat di kemotrapi tentunya tubuh akan banyak kehilangan cairan dan juga asupan makanan, itulah sebabnya badan menjadi kurus.

  1. masalah rambut

mengalami rambut rontok sepertinya sudah menjadi hal yang biasa di alami oleh orang – orang yang menjalankan kemotrapi, bahkan ada juga yang sampai botak karena rambut tak bisa menahan panas dan efek lain yang di timbulkan pada saat kemotrapi.

nah itulah tadi ke 5 Efek Samping Kemotrapi  yang bisa saya paparkan pada anda semoga bisa menambah ilmu pengetahuan seputar dampak negatif yang di timbulkan oleh pengobatan seperti kemotrapi ini.

 

 

5 Efek Samping Kemotrapi Yang Tidak Anda Ketahui | muhammad yamin | 4.5