5 Efek Samping Obat Tbc Yang Perlu Anda Ketahui

Tuesday, June 4th, 2019 - Kumpulan Efek Samping
efek samping obat TBC

efek samping obat TBC

5 Efek Samping Obat Tbc Yang Perlu Anda Ketahui– Efek samping obat tbc ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, bagi anda yang menderita penyakit ini maka anda harus waspada terhadap penggunaan dosisnya. Untuk setiap jenis obat tbc ini, biasa mengandung dosis rendah dan juga dosis besar, lalu bagaimana jika dosis besar dikonsumsi setiap hari ? sudah pasti menimbulkan efek samping. Agar anda lebih paham terhadap apa saja contoh efek samping obat tbc ini, maka berikut ini sudah saya rangkum dalam beberapa point.

Apa Saja Ya 5 Contoh Efek Samping Dari Obat Tbc Itu ?

  1. Menyebabkan Masalah Dibagian Mata

Salah satu contoh efek samping obat tbc adalah dapat menimbulkan masalah dibagian mata, hal ini dikarenakan dalam obat tbc mengandung zat yang bernama etambutol yang jika di konsumsi secara terus menerus dapat mengakibatkan masalah mata. Contohnya seperti penglihatan yang tidak jelas atau rabun, sulit untuk mengenali sesuatu, dan yang lainnya.

Untuk mengatasi hal ini, maka berkonsultasi lah pada dokter mata guna mendapatkan informasi yang lebih jelas. Dengan begitu, maka anda pun tidak merasa cemas dan khawatir lagi.

  1. Dapat Menyebabkan Penyakit Kuning

Efek samping yang kedua adalah menyebabkan penyakit kuning, biasanya penyakit kuning ini dirasakan dibagian kulit tubuh dan juga mata. Apabila warna kulit telah berubah menjadi kuning, maka sebaiknya anda periksakan diri pada dokter, tidak hanya itu saja, jika mata anda pun mengalami perubahan maka andapun bisa bertanya pada dokter yang sudah ahli. Penyakit kuning ini bisa menjadi sangat berbahaya jika tidak segera diobati, oleh karena itu perhatikan lah keadaan tubuh dan kulit anda.

  1. Menghilangkan Nafsu Makan

Efek samping obat tbc yang berikutnya adalah menghilangkan nafsu makan, hal ini karena obat tbc ini mengandung zat isoniazid. Selain itu juga, terkadang zat ini pun dapat membuat anda menjadi mati rasa atau biasa di sebut kesemutan. Jika nafsu makan saja sudah hilang, maka tubuh pun bisa kekurangan asupan gizi bukan ?

  1. Membuat Perut Mual

perut mual ini sering kali di rasakan saat mengkonsumsi obat tbc, biasanya ini dikarenakan adanya zat pirazinamid. Namun anda tak perlu cemas, karena biasanya hal ini hanya di terapkan untuk dua bulan pengobatan penyakit tbc saja.

  1. Membuat Kulit Terasa Gatal

Jika anda mengalami kulit gatal, maka bisa saja ini disebabkan oleh penggunaan obat tbc yang anda beli, untuk memastikannya maka bertanyalah dulu pada dokter. Apakah benar itu karena obat tbc atau karena ada penyakit lain yang tidak anda ketahui.

Demikian lah tadi contoh efek samping obat tbc ini, semoga dapat menambah wawasan anda seputar ilmu kesehatan. Selain itu juga, jika ada yang membutuhkan info ini, maka tak ada salahnya untuk membagikan ilmu ini.

 

5 Efek Samping Obat Tbc Yang Perlu Anda Ketahui | muhammad yamin | 4.5