5 Efek Samping Paracetamol Bagi Tubuh

Thursday, July 9th, 2015 - Kumpulan Efek Samping
efek samping paracetamol

efek samping paracetamol

5 Efek Samping Paracetamol Bagi TubuhEfek samping paracetamol ini mungkin tidak pernah anda sadari, karena seperti yang kita tau bahwa paracetamol ini biasanya sering di gunakan untuk mengatasi masalah penyakit panas, demam, ataupun sakit gigi. Namun taukah anda ? sebenarnya ada beberapa efek samping penggunaan paracetamol bagi tubuh, untuk lebih lengkapnya maka anda bisa meneruskan membaca artikel dengan tema efek samping paracetamol ini dengan baik.

Ini Dia 5 Contoh Efek Samping Paracetamol Bagi Tubuh Yang Tidak Anda Ketahui

  1. Mengurangi Anti Oksidan Dalam Tubuh

Salah satu efek samping paracetamol adalah dapat mengurangi anti oksidan yang ada dalam tubuh, bagi anda yang sering mengkonsumsi obat ini maka anti oksidan ini bisa saja berkurang. Lalu apa kegunaan anti oksidan ini ? kegunaannya adalah untuk membantu tubuh dalam melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu juga, paracetamol ini dapat menimbulkan stress yang terjadi dibagian paru – paru, pernyataan ini dikutip dari Reuters yang berasal dari Medical Reserch Intitute Of New Zealand.

  1. Iritasi Pada Lambung

Karena lambung mengalami iritasi, biasanya saat kita buang air kecil maka akan di barengi dengan adanya darah, atau saat BAB pun ada semacam darah yang ada. Hal ini biasanya karena sering mengkonsumsi parasetamol, sehingga lambung pun mengalami iritasi. Oleh karena itu, gunakan obat ini untuk seperlunya saja, atau dalam jangka pendek.

Jika hal ini sampai terjadi, maka segera pergi ke puskesmas terdekat, untuk mendapatkan bantuan. Selain itu juga, agar iritasi ini segera sembuh dan BAB pun bisa lancar seperti biasanya.

  1. Mudah Lelah

Efek samping paracetamol yang selanjutnya adalah menyebabkan tubuh mudah lelah, contohnya saja saat menjalankan aktivitas. Efek mudah lelah ini karena penggunaan parasetamol yang dikonsumsi secara terus – menerus, contohnya menggunakannya untuk badan panas, demam, atau yang lainnya. Untuk mengatasi lelah ini, maka sebaiknya anda mengurangi konsumsi paracetamol, dan jangan gunakan obat ini setiap hari.

  1. Kulit Atau Mata Berubah Warna

Jika warna kulit atau mata sudah berubah menjadi warna kuning, ini artinya bahwa organ hati anda sudah rusak. Hal ini sudah pasti karena penggunaan paracetamol dalam jangka panjang. Jika sudah seperti ini, maka sebaiknya anda periksakan diri pada dokter, dan jangan lupa untuk meminta solusi yang terbaik darinya. Tidak hanya itu, sebaiknya anda pun berhenti untuk mengkonsumsi paracetamol ini.

  1. Kulit Menjadi Gatal – Gatal

Jika anda mudah sekali alergi, maka bisa saja kulit anda terasa gatal karena mengkonsumsi obat paracetamol. Jika kulit anda gatal, segera berikan obat atau bisa di cari pada apotik terdekat. Oleh karena itu, dapat kita simpulkan sebaiknya berhati – hati dalam menggunakan paracetamol ini.

Cukup sudah tulisan singkat ini saya buat, semoga 5 efek samping paracetamol ini dapat menambah pengetahuan anda, terutama seputar efek samping penggunaan obat.

 

Artikel Ini Tentang:

efek samping paracetamol
5 Efek Samping Paracetamol Bagi Tubuh | muhammad yamin | 4.5