5 Gejala Penyakit Ginjal Yang Wajib Anda Ketahui

Wednesday, July 10th, 2019 - Artikel Kesehatan, Tips Sehat
gejala penyakit ginjal

gejala penyakit ginjal

5 Gejala Penyakit Ginjal Yang Wajib Anda Ketahui – Salah satu organ tubuh yang wajib kita rawat dan  jaga kesehatannya adalah ginjal  dimana salah satu funsi ginjal yang paling vital dalam tubuh alat penyaring darah dalam tubuh , jika ginjal kita tidak dalam kondisi yang prima maka dapat dipastikan berbagai macam penyakit akan menyerang tubuh kita.

Secara anatomi ginjal memiliki bentuk seperti kacang berwarna merah tua dan terdiri dari dua sisi yakni sisi convex dan sisi concave dimana kedua sisi ginjal tersebut  disambungkan oleh renal capluse atau yang disebut juga memberan transfaran, ginjal terbagi atas dua area besar yakni  area berwarna cerah di bagian luar disebut renal cortex dan area berwarna pekat pada bagian dalam disebut renal medulla.

Ukuran normal ginjal pada manusia  adalah :

Panjang: 10-13 cm (4 -5 inci)
Lebar: 5-7,5 cm (2-3 inci)
Berat: kurang lebih 150 gram
sedangkan persentase berat ginjal: 0,5% dari berat tubuh

Sebelum membahas tentang gejala penyakit ginjal pada tubuh terlebih dahulu akan kami jelaskan fungsi ginjal secara detail agar anda tidak menyepelekan bagian organ tubuh yang satu ini :

  1. Mengeluarkan zat beracun dan memproduksi urin
  2. Menyarin dan membersihkan darah
  3. Menjaga keasaman darah
  4. Penghasil hormone
  5. Mengontrol dan mengendalikan kadar gula darah
  6. Menjaga keseimbangan air dalam tubuh
  7. Mengontrol tekanan osmosis
  8. Mengeluarkan zat-zat yang merugikan dan tidak bermanfaat
  9. Mengatur jumlah kalium dalam darah

Itulah beberapa fungsi  vital dari organ yang berbentuk kacang ini , selanjutnya akan kami jelaskan gejala penyakit ginjal yang mungkin harus anda ketahui :

 

  1. Nafas terasa sesak

Hati-hati jika anda tiba-tiba sering mengalami sesak nafas bisa jadi penyebabnya karena tidak berfungsi secara maksimalnya kerja dari ginjal.

  1. Bengkak pada kaki

Gejala sakit ginjal yang kedua adalah tubuh mengalami pembengkakan ini dikarenakan adanya penumpukan cairan, bagian tubuh yang sering terjadi pembengkakan adalah kaki.

  1. Kencing darah

Air kencing yang bercampur darah bisa jadi menandakan adanya masalah pada ginjal anda, infeksi pada organ ginjal membuat ginjal terluka dan mengeluarkan darah,

  1. Urin berbau

Gejala senjutnya  terdapat pada cairan urin , bau urin akan saat tidak sedap jika anda terkena penyakit ginjal, menyengat tidak seperti bau urin seperti biasanya.

  1. Mudah lelah

Gejala penyakit ginjal yang terakhir adalah tubuh akan sangat mudah lelah, peneurunan daya tahan tubuh ini terjadi karena darah yang tercampur dengan racun sebagai mana yang kita tahu salah satu fungsi ginjal adalah sebagai penyaring racun dalam darah.

 

Jadi mulai saat ini rawat dan perhatikanlah kesehatan ginjal anda , hindari hal- hal yang bisa merusak organ vital ini, seperti mengkonsumsi alkohol  . Demikanlah artikel kami tentang gejala penyakit ginjal semoga bisa bermanfaat..

 

5 Gejala Penyakit Ginjal Yang Wajib Anda Ketahui | muhammad yamin | 4.5