6 Efek Samping Bawang Putih Yang Tidak Anda Ketahui

Friday, June 14th, 2019 - Kumpulan Efek Samping
efek samping bawang putih

efek samping bawang putih

6 Efek Samping Bawang Putih Yang Tidak Anda KetahuiBawang putih adalah salah satu bumbu masakan yang tidak boleh tinggal di dapur. Semua masakan biasanya akan memanfaatkan bawang putih sebagai bumbu penyedap yang tidak boleh tinggal. Namun, apakah anda tahu ternyata ada efek samping bawang putih yang mungkin selama ini tidak anda ketahui.

Mungkin yang kita tahu banyak sekali orang menginformasikan mengenai manfaat dari bawang putih untuk kesehatan. Banyak sekali artikel yang membahas mengenai khasiat bawang putih, namun tidak sedikit juga yang membahas efek negatif penggunaan bawang putih ini untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi jika bawang putih tersebut dikonsumsi dengan keadaan mentah. Inlah efek negatif bawang putih yang harus anda ketahui jika dikonsumsi dengan berlebih dan mentah.

6 Efek Samping Bawang Putih Yang Harus Anda Ketahui

  1. Nafas menjadi tidak sedap

Sudah tidak dapat dipungkiri efek samping bawang putih yang pertama adalah membuat nafas menjadi tidak sedap. Kita tahu bahwa aroma yang dihasilkan bawang putih akan mempengaruhi bau mulut namun semuanya akan hilang setelah anda menyikat gigi.

  1. Rasa panas terbakar

Untuk rasa panas terbakar ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi bawang putih dengan mentah dan mengunyahnya secara langsung. Apabila kebiasaan ini dibiarkan akan memberikan efek terbakar pada mulut karena adanya kandungan senyawa kimia bernama alicin.

  1. Menimbulkan bau badan

Bau badan juga menjadi masalah selanjutnya dalam efek negatif bawang putih yang harus anda ketahui. Apalagi jika anda mengonsumsi bawang putih dengan mentah dan berlebihan, untuk mengatasi masalah ini anda dapat berhenti mengonsumsi bawang putih mentah.

  1. Menghambat pembekuan darah

Ternyata bawang putih mengandung senyawa yang bersifat antikoagulan yang dapat menghambat proses pembekuan darah. Oleh sebab itu, tidak disarankan mengonsumsi bawang putih dengan jumlah berlebihan apalagi jika ingin melakukan operasi karena ini dapat memicu pendarahan berlebih.

  1. Ruam kulit

Ada beberapa orang yang mengonsumsi bawang putih secara berlebihan akan menyebabkan reaksi alergi seperti ruam kulit. Mungkin karena rasa panas yang ditimbulkan bawang putih tersebut.

  1. Menyebabkan diare

Efek terakhir yang akan anda rasakan adalah diare jika mengonsumsi bawang putih mentah secara berlebihan. Ibu hamil sangat tidak disarankan mengonsumsi bawang putih berlebihan apalagi saat tahap menyusui. Anak-anak juga dilarang mengonsumsi bawang putih mentah secara berlebihan karena beresiko diare.

Itulah 6 efek samping bawang putih yang harus anda ketahui. Sebaiknya jangan mengonsumsi bawang putih secara berlebihan karena tentu saja hal yang berlebihan tidak baik dan tidak dianjurkan. Usahakan mengonsumsi bawang putih dalam bentuk olahan masakan bukan mengonsumsi bawang putih secara mentah.

 

 

6 Efek Samping Bawang Putih Yang Tidak Anda Ketahui | muhammad yamin | 4.5