6 Efek Samping Kopi Bagi Kesehatan

Sunday, May 26th, 2019 - Kumpulan Efek Samping
efek samping kopi

efek samping kopi

Efek Samping Kopi Bagi Kesehatan – Kopi merupakan nama sebuah tanaman yang bisa dijadikan minuman. Umumnya masyarakat Indonesia meminum kopii setiap pagi. Kopi seringkali dijadikan minuman penghilang rasa kantuk. Minuman hitam ini memang sudah lama dikonsumsi masyarakat Indonesia. bahkan sejak ratusan tahun yang lalu. Sekarang, warna kopi bukan hitam saja melainkan ada banyak jenis kopi yang berwarna selain hitam. Kopi-kopi tersebut tentu saja mendapat campuran dari mocha, susu, dan lainnya.

Kebanyakan orang mengkonsumsi kopi di pagi hari, sebelum akan berangkat ke kantor pastinya anda meminum kopi. Namun tahukah anda efek samping kopi? Nah, kali ini saya akan sedikit membahas beberapa dampak negatif meminum kopi.

Efek Samping Kopi Bagi Kesehatan

  1. Kopi bisa mengakibatkan constipation atau disebut juga dengan susah buang air besar
  2. Kopi bisa menyebabkan karang gigi
  3. Kopi menyebabkan warna gigi menjadi kuning jika dikonsumsi dalam kadar yang berlebihan
  4. Kopi bisa meningkatkan asam lambung

Meskipun kopi banyak manfaatnya, kopi juga dikenal bisa meningkatkan kegelisahan. Dosis mengkonsumsi kopi yang terlalu banyak tidak bisa diterima oleh tubuh semua orang. Tingkat keasaman kopi yang tergolong tinggi juga bisa merangsang keluarnya asam lambung yang berlebih.

  1. Gangguan Mata

Bukan rahasia lagi kalau kopi mengandung kafein. Kandungan kafein ini bisa mengganggu mata. Gangguan yang terjadi disebut dengan exfoliation glaucoma. Seseorang yang seringkali minum kopi setiap hari akan mengalami peningkatan gangguan glaucoma, apalagi pada mereka yang mempunyai riwayat keluarga glaucoma.

Efek samping kopi yang mengganggu mata ini sangat berpengaruh pada mereka yang keluarganya memiliki riwayat glaucoma, jadi sangat dianjurkan membatasi asupan kopi setiap hari. Pada sebuah penelitian yang dilakukan dengan 79 ribu orang wanita, diambil kesimpulan bahwa mereka terbukti mengalami penignkatan kasus gangguan mata. Hal tersebut karena mereka mengkonsumsi kopi lebih dari 3 cangkir dalam seharinya.

Gejala pada penderita gangguan mata ini yaitu penekanan di bola mata. Ini bisa mengakibatkan kerusakan syaraf optik lain di area mata. Hal tersebut menyebabkan kebutaan permanen, semakin banyak mengkonsumsi kopi maka akan semangkin meningkat kerusakan mata yang terjadi.

  1. Meningkatkan Detak Jantung

Kafein di dalam kopi bersifat stimulan yang menjadi candu. Kafein berpengaruh pada distem kardiovaskuler seperti meningkatkan detak jantung serta tekanan darah. Efek buruk kopi ini akan mucnul jika anda meminum kopi secara berlebihan. Bahkan, jika anda terlalu banyak minum kopi bisa menyebabkan sulit tidur, jantung berdebar, pusing kepala dan lain sebagainya.

 

Nah, itulah beberapa Efek Samping Kopi yang bisa terjadi. Sedikit informasi, sebuah penelitian pernah dilakukan pada seorang ibu hamil. Namun memang tak terlalu memberi bukti nyata. Hanya saja akan lebih baik untuk seorang ibu hamil tidak meminum kopi lebih dari secangkir dalam satu hari.

 

6 Efek Samping Kopi Bagi Kesehatan | muhammad yamin | 4.5