7 Bahaya Tidur Setelah Sahur yang mengganggu Puasamu

Monday, May 13th, 2019 - Artikel Kesehatan

Bahaya tidur setelah makan sahur

Sebagai umat muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, kita pasti akan melakukan makan sahur pada jam 3 atau 4 dini hari. Sebagian dari mereka mungkin ada yang tidur setelah makan sahur karena merasa ngantuk yang di sebabkan oleh pencernaan makanan. Setelah makan sahur, otak mengirimkan sinyal ke organ untukmencerna dan mengarahkan semua darah menjauh dari organ. Sel darah merah membantu mencerna makanan yang membantu mendistribusikan nutrisi ke seluruh tubuh, sehingga menyebabkan otak kekurangan darah dan menyebabkan ngantuk. Namun, tidur setelah sahur ternyata berbahaya bagi kesehatan.

 

Efek dan bahaya tidur setelah sahur

 

Kebiasaan tidur setelah makan ternyata bisa menyebabkan beberapa penyakit yang mengganggu kesehatan:

 

  1. Heartburn

Heartburn bisa terjadi karena produksi asam lambung yang berlebihan yang menyebar ke tenggorokan atau dada, tidur setelah sahur memang begitu nyama, namunhal ini dapat menyebabkan masalah tidur.

  1. Asam lambung

Asam lambung terjadi karena letak katup antara kerongkongan dan lambung yang tidak menutup. Jika kondisi in I tidak segera diobati, kemungkinan akan menyebabkan kerusakan pada selaput lender tenggorokan dan menyebabkan kompilasi lebih lanjut.

  1. Gerd (gastroesophageal reflux disease)

Ketika makana yang dicerna dalam perut naik ke kerongkongan, kemungkinan asam lambung muncul dan menciptakan sensasi terbakar yang mungkin terjadi di tenggorokan.

Efek tidur setelah makan sahur menyebabkan masalah pencernaan karena dalam posisi tegak. Jika terus melakukan kebiasaan tidur setelah sahur,mungkin dapat menyebabkan sejumlah penyakit pencernaan.

 

  1. Stroke

Hasil penelitian menunjukan bahwa orang yang tertidur setelah empat hinggal nlima jam makan memiliki risiko lebih rendah terkena stroke.

 

  1. Gangguan tidur

Bahaya tidur setelah makan menyebabkan sakit perut dan kembung yang menimbulkan rasa nyeri, tidak nyaman, dan perut terasa penuh.

 

  1. Diabetes

Bahaya tidur setelah sahur dapat menyebabkan gula darah naik di pagi hari, tetapi tidak makan apapun sebelum tidur juga dapat menyebabkan hipoglikemia(kadar gula darah rendah).

 

  1. Risiko berat badan naik

Banyak ahli kesehatan mengatakan bahwa makan apapun di malam hari adalah kontraproduktif dengan tidur nyenyak dan kesehatan yang baik secara umum, karena membuat tubuh tidak memiliki kemampuan membakar kalori.

Hal yang harus dihindari setelah makan sahur

 

  1. Tidak merokok

Merokok setelah makan sama dengan 10 batang rokok dihisap pada waktu yang berbeda dan meningkatkan risiko menderita kanker paru-paru.

 

  1. Tidak mandi setelah makan

Mandi setelah makanbdapat meningkatkan aliran darah ke tangan, kaki dan seluruhbtubuh yang menyebabkan berkurangnya aliran darah menuju organ pencernaan dan melemahkan fungsi pencernaan.

 

  1. Tidak makan buah setelah makan

Buah-buahan dapat membantu tubuh dalam pencernaan jika di konsumsi 1-2 jam sebelum makan. Jika mengonsumsi buah setelah makan, makanan yang sebenarnya menyehatkan ini malah menyebabkan perut kembung.

 

Itulah bahaya tidur setelah makan sahur menurut kesehatan. Mulai sekarang hindari tidur setelah sahur untuk mencegah beberapa penyakit yang mengganggu kesehatan.

7 Bahaya Tidur Setelah Sahur yang mengganggu Puasamu | Fitri | 4.5