7 Efek Samping Aspirin Bagi Tubuh

Thursday, June 27th, 2019 - Kumpulan Efek Samping
efek samping aspirin

efek samping aspirin

7 Efek Samping Aspirin Bagi Tubuh -Sudah pernah mendengar tentang obat aspirin ? atau bahkan sudah pernah mengkonsumsinya ? aspirin adalah salah satu jenis obat yang sering diresepkan oleh dokter jadi wajar saja jika obat ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat.

Aspirin atau yang bias disebut dengan  asam asetilsalisilat merupakan obat turunan dari salisilat  Senyawa ini bisa ditemukan secara alami pada tumbuhan, terutama pohon willow dimana obat ini digunakan untuk mengurangi rasa sakit atau peradangan oabt ini dikembangkan oleh perusahaan buyer. Tablet aspirin mampu menghilangkan rasa saki dalam jangkat 3 sampai 4 jam, karena larut dalam usus kecil, bukan perut. Namun sebelum anda mengkonsumsi obat ini ada baiknya ada mengetahui efek samping aspirin itu sendiri.

Dosis Aspirin :

Kondisi kesehatan

Nyeri ringan – sedang 350 or 650 mg setiap 4 jam, atau 500 mg. setiap 6 jam.

Rheumatoid arthritis 500 mg. tiap 4-6 jam; 650 mg. tiap 4 jam; 1000 mg tiap 4-6jam; 1950 mg dua kali sehari

Serangan Jantung dan stroke 81, 162 atau 325 mg. tiap hari sekali

Adapun efek samping aspirin bagi tubuh adalah :

  1. Iritasi perut

Efek samping aspirin yang peratama adalah dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan juga dapat membuat mual orang mengkonsumsinya, jika mengalami hal tersebut ada baiknya berkonsultasi dengan dokter .

  1. Alergi

Beberapa kasus ditemukan gangguan alergi pada orang yang mengkonsumsi aspirin dimana reaksi alergi berupa pembengkakan bibir, lidah, hidung dan hidung gatal.

  1. Bahaya untuk ibu hamil

Efek samping aspirin selanjutnya adalah dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan, obat ini menyebabkan masalah jantung, mengurangi berat badan lahir, atau menyebabkan efek serius pada bayi yang belum lahir.

  1. Masalah hati

Jika mengkonsumsi aspirin dalam jangka waktu yang cukup lama akan membuat gangguan pada fungsi hati. Jika ini terus-menerus terjadi akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

  1. Gagal Ginjal

Salah satu efek samping aspirin yang sangat berbahaya adalah dapat membuat cidera ginjal anda. Cidera ginjal adalah awal dari penyakit gagal ginjal.

 

  1. Tekanan Darah Naik

Dampak buruk dari aspirin adalah bias memicu tekanan darah meningkat, jadi bagi anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

  1. Asma

Efek samping aspirin yang terakhir adalah bias memicu kambuhnya asma, dimana serangan asma yang dipicu oleh aspirin sangatlah fatal.

Aspirin adalah obat yang sangat ampuh mengurangi rasa sakit namun sebelum mengkonsumsinya anda harus benar-benar mengetahui efek samping aspirin itu sendiri, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda .

Salam hormat

 

7 Efek Samping Aspirin Bagi Tubuh | muhammad yamin | 4.5