9 Tanaman Obat Tradisional Yang Paling Berkhasiat

Monday, July 22nd, 2019 - Artikel Kesehatan, Obat Herbal
Tanaman Obat Tradisional Yang Paling Berkhasiat

Tanaman Obat Tradisional Yang Paling Berkhasiat

9 Tanaman Obat Tradisional Yang Paling Berkhasiat Di negara Indonesia yang kaya akan hasil alam ini, ternyata menyimpan berbagai tanaman obat tradisional yang sangat berkhasiat. Tanaman ini sudah turun temurun digunakan oleh nenek moyang, sehingga tidak perlu diragukan khasiatnya.

Biasanya tanaman obat tersebut sangat mudah dijumpai karena banyaknya persediaan di Negara ini.Di bawah ini adalah beberapa tanaman obat yang bisa digunakan.

Berikut beberapa jenis tanaman obat tradisional yang berhasiat :

  • Jahe

Tanaman obat pertama yang sangat berkhasiat adalah jahe. Jahe ini biasanya digunakan dalam bentuk minuman, rasanya yang hangat ini sangat cocok diminum saat cuaca sedang dingin. Jahe ini dapat meredakan mual, membuat aliran darah lancar, dan membuat sirkulasi energi menjadi lancar, dan yang penting adalah jahe mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

  • Kunyit

Tanaman yang menjadi obat yang kedua adalah kunyit.Kunyit ini sangat berkhasiat untuk mengobati nyeri otot dan sakit perut, selain itu juga mampu mencegah serangan jantung dan diabetes.kunyit juga dapat membuat kulit halus, jerawat hilang dan juga pelindung kulit dari sinar matahari.

  • Daun Sirih

Daun sirih merupakan tanaman yang dapat dijadikan obat herbal.Dengan mengunyah sirih dapat membuat masalah mulut hilang.Batang daun dapat mengobati asma, batuk dan gangguan pada pencernaan.Daunnya sendiri biasa digunakan untuk mengatasi daerah kewanitaan.

  • Daun Sirsak

Daun sirsak juga merupakan tanaman obat yang sangat berkhasiat.Daun sirsak ini dianggap mampu mengobati penyakit kanker, ini karena di dalam daun sirsak mengandung senyawa saponin, polifenol, bioflavonoid.Daun sirsak ini juga mampu membuat tekanan darah menurun, kekebalan tubuh meningkat, dan asam urat reda.

  • Mahkota Dewa

Mahkota dewa menjadi tanaman obat tradisional yang selanjutnya.Tanaman ini mampu mencegah liver, ginjal, asam urat, diabetes, dan kanker.

  • Lidah Buaya

Untuk tanaman obat yang berikutnya adalah lidah buaya.Lidah buaya dapat mengobati sariawan, luka teriris pisau, luka bakar ringan, perawatan rambut dan juga melembabkan kulit.

  • Kencur

Kencur menjadi tanaman obat yang sangat berkhasiat, yakni dapat membuat tubuh menjadi hangat, pelangsing tubuh juga dapat membersihkan tenggorokan.

  • Temulawak

Temulawak juga merupakan tanaman obat.Temulawak mampu mengembalikan nafsu makan dan juga mencegah terinfeksi virus hepatitis.

  • Daun Binahong

Daun ini mampu mengobati luka bakar kecil dan luka teriris pisau, selain itu juga mampu menurunkan kadar gula di dalam darah.

Itulah beberapa tanaman obat tradisional yang sangat berkhasiat.Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

9 Tanaman Obat Tradisional Yang Paling Berkhasiat | muhammad yamin | 4.5