Hati-hati! adanya kutu rambut di kepala anda bisa sebabkan bahaya

Friday, June 14th, 2019 - Artikel Kesehatan

Bahaya kutu rambut dikepala-Kutu kepala adalah sejenis parasite penghisap darah yang biasanya hidup dibagian kepala. Kutu betina mampu bertelur enam buah sehari. Telur ini melekat dengan kuat pada rambut. Telur-telur ini akan menetas setelah kurang lebih 8 hari.

efeksamping.com

Kutu kepala merebak dengan cepat melalui sentuhan dengan rambut yang bermasalah. Ia juga bisa melompat ke kepala melalui sisir, topi, bantal dan handuk.

Bahaya kutu rambut di kepala manusia :

  1. Eksim

Salah satu gangguan kulit yang mungkin muncul akibat rasa gatal karena kutu rambut adalah eksim, ruam, koreng dan sejenisnya. Jika kutu tidak segera disingkirkan, maka seseorang akan terus menggaruk kepalanya. Dan ini bisa mengakibatkan lecet sehingga bisa menimbulkan eksim.

  1. Impetigo

Bahaya kutu rambut yang ditakuti adalah infeksi dan salah satunya adalah impetigo. Impetigo merupakan infeksi pada kulit yang disebabkan oleh bakteri streptococcus atau staphylococcus. Keberadaan bakteri di kulit kepala sebenarnya bukanlah hal yang mengejutkan. Namun permukaan kulit yang mulus (tanpa lecet atau luka) merupakan penghalang utama agar bakteri tak sampai masuk ke dalam tubuh.

Jadi, jika kulit kepala sampai tergores dan luka, maka bakteri dapat dengan mudah masuk dan berkembang dalam tubuh sehingga memicu terjadinya infeksi.

  1. Pediculosis capitis

Ketika kutu rambut menggigit kulit kepala untuk menghisap darah, maka ia juga meneteskan air liur. Air liu inilah yang membuat kepala terasa gatal, bau serta kotor. Karena itulah muncul bahaya kutu rambut yang berupa iritasi kulit akibat gigitannya yang biasa disebut dengan pediculosis capitis.

  1. Minder

selain infeksi, bahaya kutu rambut lainnya juga bisa disorot dari sisi psikologis. Bila seseorang tidak segera mendapatkan perawatan untuk menyingkirkan kutu rambutnyua, maka ia bisa menjadi sasaran pelecehan.

Tak hanya dipermalukan, ia bahkan dapat dihina dan dijauhi karena kondisi rambutnya yang kurang bersih. Akibatnya bukan hanya kepercayaan dirinya saja yang menurun, namun juga produktivitas daan prestasinya.

Penyebab kutu rambut :

  • Tertular dari orang lain

Kutu rambut dapat menular dengan cara berpindah dari rambut seseorang ke rambut lainnya. Ketika kutu rambut berpindah, kutu tersebut akan membuat sarang baru untuk tumbuh dan berkembang biak.

  • Salah memilih shampo

Penggunaan shampo yang tidak cocok dengan kondisi rambut dan kulit dapat menyebabkan rambut menjadi ketombean. Munculnya ketombe dapat menyebabkan munculnya kutu pada rambut. Oleh karena itu, perhatikan kegunaan shampoo agar kebersihan dan kesehatan rambut lebih terjaga.

  • Kurang menjaga kebersihan tempat tidur

Tempat tidur yang lembab dan kotor juga dapat mengundang datangnya kutu. Sebaiknya selalu jaga kebersihan tempat tidur seperti sprei, sarung bantal, guling , karpet dan lain-lain agar tidak ada bakteri yang menempel.

  • Kurang menjaga kebersihan rambut

Kotoran pada kulit kepala menyebabkan kut berkembang biak di rambut. Oleh karenanya, merawat rambut agar selalu bersih dan sehat merupakan hal yang wajib dilakukan. Saat mencuci rambut juga usahakan harus bersih, jangan sampai ada sisa-sisas shampoo yang masih tertinggal pada rambut.

Hati-hati! adanya kutu rambut di kepala anda bisa sebabkan bahaya | Resti | 4.5