Bahaya Daun Singkong Bisa Menyebabkan Kematian

Saturday, May 18th, 2019 - Artikel Kesehatan

Bahaya Daun Singkong Bisa Menyebabkan Kematian – Daun singkong salah satu tumbuhan yang mudah sekali didapat, Seringkali kita juga bisa menemukannya dihalaman rumah sendiri. Tentu daun singkong juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi serta banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, dan jadi makanan lalapan yang sangat mantap untuk dikolaborasikan dengan nasi liwet. Namun, jika kita berlebihan memakannya bisa terjadi hal yang buruk bagi kesehatan kita, malah bisa menyebabkan kematian.

Daun singkong

Bahaya Daun Singkong Jika Dikonsumsi Berlebihan

  1. Meningkatkan Asam Urat
    Daun singkong tidak cocok bagi penderita asam urat apalagi dikonsumsi secara berlebihan. Karena didalamnya mengandung zat purin yang dapat menyebabkan meningkatnya asam urat dipersendian dan menimbulkan rasa nyeri serta peradangan.
  2. Gangguan Sesak Nafas
    Senyawa sianida yang ada pada daun singkong berpotensi menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pada saluran pernafasan yaang dapat menyebabkan sesak nafas, dada nyeri dan terasa seperti sedang terhimpit benda berat.
  3. Sakit Kepala
    Senyawa linamarin dan lotaustralin yang ada pada daun singkong dapat bertindak sebagai racun yang menghambat kelancaran perdaran darah disekitar kepala dan memicu ketegangan otot saraf kepala sehingga menimbulkan sakit kepala yang terkadang datang secara berkesinambungan.
  4. Sakit Perut
    Mengonsumsi terlalu banyak daun singkong dapat membuat asam lambung, dinding lambung mendapat tekanan dan luka karena senyawa yang ada pada daun singkong bersifat sianida yang mampu mengacaukan sistem dan kinerja jaringan perut sehingga akan menyebabkan sakit perut, mual-mual dan disertai muntah.
  5. Meningkatkan Kadar Kolesterol
    Bagi seseorang yang memiliki kadar kolesterol terlalu tinggi didalam darahnya sebaiknya menghindari mengonsumsi daun singkong. Karena dapat meningkatkan kadar kolesterol yang nantinya dikhawatirkan dapat menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah sehingga bisa menghambat kinerja organ tubuh vital antara lain jantung.
  6. Meningkatkan Tekanan Darah
    Seseorang yang menderita darah tinggi sebenarnya masih diperbolehkan mengonsumsi daun singkong. Akan tetapi dalam takaran yang moderat (wajar) dan disarankan tidak ditambahkan santan dalam pengolahannya. Lemak pada santan dapat mempengaruhi tekanan darah dan mengganggu aliran darah.
  7. Mengakibatkan Keracunan
    Daun singkong mengandung senyawa linamarin dan lotaustralin yang berpotensi menjadi racun sianida yang jika mengendap dan mengiritasi dijaringan tubuh dapat mengakibatkan keracunan yang biasanya ditandai dengan muntah-muntah.

Kandungan gizi pada daun singkong

Selain berbahaya, daun singkong juga memiliki beberapa kandungan gizi juga looh..

  • Mengandung serat tinggi,yang berguna untuk melancarkan pencernaan dan menghindari sembelit
  • protein yang tinggi,yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan anak anak
  • zat besi dan kalori dapat mencegah serangan anemia dan sebagai penghasil tenaga untuk kita beraktifitas
  • vitamin A dan B17 berguna untuk menjaga kesehatan jaringan mata dan kulit
  • zat fosfor dan kalsium  dapat berguna untuk pembentukan massa tulang dan memperkuat tulang dari dalam.

Bahaya Daun Singkong Bisa Menyebabkan Kematian | Nopi | 4.5