Bahaya mengonsumsi sate usus ayam

Monday, May 20th, 2019 - Kumpulan Efek Samping

Bahaya mengonsumsi sate usus ayam- Sate usus merupakan makanan pelengkap, khususnya saat menyantap bubur ayam. Sate ini berasal dari usus ayam yang sudah dibersihkan dan diolah sedemikian rupa agar tidak meninggalkan bau anyir saat dimakan. Ada yang menyajikannya dalam keadaan matang dan sudah digoreng, ada juga yang sengaja hanya direbus dengan bumbu kuning. Tapi, dibalik kenikmatan sate jeroan yang satu ini, tahukah anda apa saja bahaya yang mengancam kesehatanmu?

Bahaya Mengonsumsi sate usus ayam :

  1. Kolestrol tinggi

Siapa sangka kalau sate usus ini merupakan salah satu sumber penyebab kolesterol tinggi?. Dibalik kenikmatannya, ternyata usus ayam mengandung kolesterol yang mengancam kesehatan bila dikonsumsi berlebihan. Kolesterol yang sudah terdapat didalam darah akan menumpuk di dinding pembuluh darah dan kemudian akan mengalami penyempitan. Penyempitan pembuluh darah ini akan membuat transpotasi oksigen didalam tubuh kita menjadi terhambat dan mudah memicu terjadinya jantung koroner.

  1. Asam Urat

Salah satu kandungan yang terdapat di dalam usus ayam yaitu purin. Jika kamu sering makan sate usus ayam, maka kamu memiliki resiko terhadap penyakit asam urat. Karena, nantinya Purin akan dipecah menjadi asam urat, dan jika mengonsumsi makanan tinggi purin juga berarti meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

  1. Diare

Usus merupakan saluran pencernaan yang terdapat kotoran di dalamnya. Apabila pengolahan sate usus kurang higienis, maka dapat menyebabkan diare pada yang mengonsumsinya. Alasannya karena di dalam kotoran ayam banyak bakteri-bakteri e-coli yang merupakan bakteri penyebab diare.

  1. Jerawat dan masalah kulit

Karena usus merupakan bagian dari jeroan, maka bahaya makan jeroan terlalu sering dapat menyebabkan masalah kulit, salah satunya jerawat. Usus yang biasanya dimasak dengan santan berlemak akan menjadikan kandungan lemak semakin bertambah. Hal inilah yang menimbulkan jerawat pada wajah dan kulit wajah menjadi gelap, bahkan kering dan keriput.

  1. Infeksi parasit

Di dalam organ hewan juga terdapat berbagai parasit yang masuk melalui makanan selama hewan itu hidup. Tidak ada yang tahu bagaimana hewan tersebut makan, dan tidak ada yang tahu apakah hewan tersebut terbebas dari parasit. Mengonsumsi jeroan seperti usus akan meningkatkan risiko terkena infeksi yang diakibatkan oleh parasit di dalamnya.

Jadi, untuk kamu yang suka mengonsumsi jeroan, terutama usus, harus lebih berhati-hati. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak selalu baik. Apalagi jika sering mengonsumsinya. Imbangi pola hidup yang seimbang dengan makan sayur, buah, dan aktivitas olahraga, agar anda terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam.

 

Bahaya mengonsumsi sate usus ayam | Resti | 4.5