Mengalami pilek berkepanjangan? Perlu diwaspadai, bisa jadi anda mengidap penyakit ini

Wednesday, May 15th, 2019 - Artikel Kesehatan

Bahaya pilek berkepanjangan- Apakah anda sedang mengalami pilek disertai hidung tersumbat yang berkepanjangan? Jika iya, anda harus lebih waspada terhadap kondisi kesehatan.

Penyebab pilek berkepanjangan

  1.  Pneumonia

Pneunomia disebabkan oleh infeksi bakteri, virus dan jamur. Penyakit ini mudah ditularkan melalui udara. Pada umunya, penularan terjadi saat seseorang sedang batuk atau bersin.

Penyakit pneumonia sangat berisiko jika anda memiliki kondisi-kondisi seperti :

  • Mempunyai riwayat penyakit kronis tertentu seperti HIV/AIDS, asma, diabetes, gagal jantung dan cystic fibrosis.
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah akibat penyakit atau penggunaan obat tertenstu seperti stereoid.
  • Memiliki kebiasaan merokok. Merokok dapat menyebabkan penumpukan lender dan cairan di dalam paru-paru, yang bisa meneyebabkan paru-paru basah.
  1. Rhinitis non-alergi

Dikenal juga sebagai rhinitis vasomor adalah peradangan yang terjadi di hidung bagian dalam yang disebabkan oleh gangguan pada saraf hidung dan bisa menyebabkan pilek berkepanjangan. Gejalanya terlihat dari hidung tersumbat, bersin, dan hidung meler.

  1. Alergi

Umumnya, pilek berkepanjangan disebabkan oleh alergi. Beberapa alergen (hal yang memicu munculnya alergi) diantaranya : debu, bulu hewan, serbuk sari atau tungau. Ketika alergi terjadi, sistem kekebalan tubuh akan bereaksi terhadap alergen.

Kondisi ini bisa terjadi karena, sel-sel hidung melepaskan histamine dan bahan kimia lainnya saat bertemu dengan alergen. Dampaknya, peradangan pada hidung dan gejala khas seperti keluarnya lender bisa terjadi.

  1. Sinusitis

Sinusitis adalah perdangan jaringan dinding yang melapisi rongga sinus, yaitu ruang berisi udara yang terletak di hidung, pipi, rongga hidung serta di atas mata. Hal ini terjadi saat sinus yang berisi udara berisi cairan dan mengalami penyumbatan.

Pada akhirnya, kuman bisa menyebabkan infeksi yang kemudian dikenal sebagai sinusitis. Gejala sinusitis yang bisa anda kenali adalah pilek yang berlangsung hingga 1 bulan. Jika pilek berkepanjangan ini berlangsung dari 1 bulan kondisi ini dikategorikan sebagai sinusitis kronik.

  1. Polip hidung

Polip merupakan pertumbuhan jinak (bukan kanker) dari lapisan mukosa hidung yang berada dalam rongga hidung. Perlu diketahui, mukosa merupakan lapisan yang sangat basah (berlendir) yang berfungsi melindungi bagian dalam hidung dan sinus serta melembapkan udara yang dihirup sebelum ke paru-paru.

Pertumbuhan jaringan mukosa yang berlebihan pada polip hidung terjadi akibat adanya peradangan yang berkepanjangan, baik itu karena infeksi ataupun reaksi alergi, akibatnya mukosa hidung menjadi bengkak, merah, serta dapat menghasilkan cairan yang menetes keluar.

 

Cara untuk mengobati atau mengurangi pilek

  1. Teh panas

Salah satu cara terbaik untuk memerangi penyumbatan hidung adalah minum teh panas. Asupan cairan hangat akan membantu melonggarkan dan mengurangi ‘kemacetan’ hidung tersumbat. Beberapa jenis teh tertentu bahkan memiliki manfaat tambahan untuk mengurangi hidung tersumbat dan peradangan, antara lain teh peppermint dan teh jahe.

2. Uap cuka

Untuk mengatasi penyumbatan hidung, Anda bisa menghirup uap. Cobalah dengan mengisi setengah ember dengan air panas dan menambahkan 3 sendok makan cuka. Tutup wajah Anda dengan selimut atau handuk dan biarkan Anda menghirup uapnya dan hidung tersumbat akan segera teratasi dengan baik.

3. Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat merupakan salah satu cara rumahan terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat. Pastikan Anda tetap berada di kamar mandi hingga tidak ada uap panas yang tersisa. Hidung tersumbat akan segera diatasi oleh uap dan sensasi hangat yang Anda dapatkan dari mandi air hangat dan Anda akan merasa nyaman.

4. Makanan pedas

Makanan pedas bisa membantu Anda mengatasi hidung tersumbat karena membantu meningkatkan aliran lendir melalui rongga hidung. Setiap kali Anda mengalami hidung tersumbat, segera konsumsi makanan pedas. Namun perhatikan juga kesehatan pencernaan Anda, jika memang memiliki masalah dalam organ pencernaan maka sebaiknya dibatasi.

5. Bawang

Ambil bawang dan potonglah menjadi potongan-potongan kecil. Hiruplah aroma bawang mentah tersebut. Anda juga bisa meringankan hidung tersumbat dengan memakan bawang mentah.

6. Jus tomat

Tomat dianggap salah satu solusi rumahan terbaik untuk memerangi hidung tersumbat. Anda dapat membuat jus tomat istimewa untuk mengatasinya, rebus secangkir jus tomat bersama dengan 1 sendok makan bawang putih cincang, 1 sendok makan jus lemon, 1/2 sendok makan saus cabe, dan sejumput garam. Minumlah kombinasi ini saat masih hangat setidaknya 2 kali sehari untuk mengatasi hidung tersumbat Anda.

 

Mengalami pilek berkepanjangan? Perlu diwaspadai, bisa jadi anda mengidap penyakit ini | Resti | 4.5