Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Tuesday, May 14th, 2019 - Tips Cantik

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas

setiap sel memiliki kemampuan untuk beregenerasi dan memperbaiki diri, termasuk kulit bibir yang akan mengelupas pada saatnya. Bibir yang pecah-pecah terkadang membuat seseorang tergoda untuk mengelupasnya, namun hindari hal ini. Mengelupas kulit bibir yang belum benar-benar mati hanya akan membuat bibir terasa perih dan terluka. Biarkan kulit bibir Anda mengganti sel kulit mati dengan sendirinya.

Selain itu, lakukan cara mengatasi bibir kering berikut:

  • Minum cukup air dan mengonsumsi makanan bergizi
    Sudah menjadi rahasia umum jika minum cukup air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk bibir. Dehidrasi dan malnuttisi dapat mengakibatkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Penuhi kebutuhan cairan agar hal ini tidak terjadi.
  • Gunakan pelindung matahari
    Bibir tidak memiliki pelindung untuk menjaganya dari sinar matahari. Oleskan lipstik atau pelembap bibir yang mengandung SPF, guna mencegah bibir pecah-pecah akibat paparan sinar matahari.
  • Gunakan pelembap bibir
    Bibir tidak memiliki kelenjar minyak, sehingga tidak dapat melembapkan dirinya sendiri. Oleh karenanya, penting untuk menggunakan pelembap bibir setiap harinya. Anda bisa menggunakan produk pelembap bibir yang berbahan petroleum atau beeswax yang dapat menjaga kelembapan bibir. Pilihan lainnya yaitu mengoleskan cocoa butter, Minyak zaitun, atau minyak kelapa. Oleskan setiap hari dan sebelum tidur.
  • Jaga kelembapan udara
    Udara kering merupakan salah satu penyebab bibir kering. Jika udara di sekitar Anda terasa kering sehingga menyebabkan kulit dan bibir kering, Anda dapat mencoba menggunakan alat pelembap udara atau humidifier untuk menjaga kelembapan udara.

mencegah bibir kering

Beberapa cara mencegah bibir kering:

1.Jangan menjilat bibir

Ternyata menjilat bibir justru akan membuat bibir kering bukan malah melembapkannya. Karena itu, kurangi kebiasaan menjilat bibir mulai sekarang.

2.Minum banyak air

Ini merupakan salah satu cara paling mudah untuk membuat bibir Anda tetap lembap. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengurangi kelembapan bibir Anda sehingga menyebabkan bibir menjadi kering. karena itu, minumlah air dalam jumlah yang cukup, minimal 8 gelas dalam sehari.

3.Memakai lip balm

Lip balm membuat bibir Anda tetap lembap. Lip balm biasanya mengandung petroleum, beeswax, atau minyak lainnya yang akan menjadi penghalang untuk mencegah hilangnya kelembaban bibir. Lip balm dapat melindungi bibir Anda dari sinar matahari, angin, dan udara dingin atau kering dengan mengunci kelembapan bibir dan menjaganya dari infeksi. Kandungan emolien dalam lip balm juga berfungsi untuk melembutkan bibir. Vitamin atau senyawa lain juga sering ditambahkan untuk membantu meregenerasi jaringan dan juga untuk perlindungan. Beberapa lip balm juga ditambahkan SPF, setidaknya SPF 15, di dalamnya untuk melindungi bibir dari sinar matahari.

4.Pilih lipstik yang sesuai

Kandungan alkohol dalam lipstik, seperti pada lipstik jenis matte atau lipstik yang tahan lama, biasanya cenderung untuk mengurangi kelembapan bibir Anda karena alkohol cepat menguap. Namun, karena alkohol merupakan salah satu unsur penting dalam lipstik, beberapa produsen menggunakan alkohol dari tanaman yang berfungsi sebagai emolien atau senyawa yang dapat melembutkan bibir. Beberapa lipstik juga sudah mengandung bahan tambahan yang sama seperti bahan yang terkandung dalam lip balm yang berfungsi untuk melembapkan bibir. Sebaiknya pilih lipstik jenis ini untuk tetap menjaga kelembapan bibir Anda.

5.Lindungi bibir Anda dari paparan bahan kimia ketika Anda sedang menggunakan produk perawatan wajah

Produk perawatan wajah, seperti krim anti jerawat, krim anti penuaan, atau masker, biasanya mengandung bahan kimia yang ditujukan untuk mengangkat lapisan kulit mati atau untuk mengeringkan jerawat. Ingat, bibir Anda mempunyai lapisan yang lebih tipis dibandingkan dengan lapisan kulit pada wajah Anda. Sehingga jika bibir Anda terpapar bahan kimia ini, maka bibir Anda akan kering. Sebaiknya, oleskan petroleum jelly atau lip balm ke bibir Anda untuk menghalangi bibir Anda terpapar bahan kimia tersebut.

Cara mengatasi bibir kering dapat dimulai dengan menghentikan kebiasaan menjilati bibir, rutin menggunakan pelembap bibir, dan cukup minum air putih. Namun bila bibir kering dan pecah-pecah tidak kunjung membaik setelah perawatan, berkonsultasilah dengan dekter spesialis kulit.

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah | Elis | 4.5