Inilah Pengobatan dan Cara Mengatasi Cacar Air Agar Sembuh Total Tanpa Bekas

Tuesday, May 14th, 2019 - Kumpulan Efek Samping

Mengatasi Cacar Air Agar Sembuh Total Tanpa Ada Bekas. Pasti kita pernah mengalami penyakit yang namanya cacar air, biasanya cacar itu di alami setiap orangnya sekali se-umur hidup. Misalnya jika seseorang belum pernah mengalami cacar kebetulan dia sedang berdekatan dengan orang yang sedang mengalami cacar pasti orang itu akan tertular, dan begitu sebaliknya jika seseorang pernah mengalami cacar kebetulan juga dia bertemu dengan orang yang sedang mengalami cacar tentu dia tidak akan tertular. Karena apa? sudah dijelaskan di atas karena penyakit cacar bisa di alami seseoang itu cuman sekali seumur hidup.

Penyakit ini disebabkan oleh virus varicella zoster dan kebanyakan menyerang anak-anak, walaupun tak jarang orang dewasa dan wanita hamil juga bisa terinfeksi dengan gejala yang lebih parah. Gejala yang timbul umumnya menyerupai flu  ringan, disusul dengan munculnya ruam kulit dan lambat laun akan timbul bintik-bintik merah yang kemudian menjadi bintil atau lepuh berisi cairan bening yang terasa gatal. Selengkapnya baca disini: Ciri-ciri dan Gejala Cacar Air Sebenarnya tidak ada pengobatan khusus untuk menangani cacar air, karena biasanya seseorang yang menderita penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya. Jika memang diperlukan pengobatan, tujuannya hanya untuk mengurangi gejalanya saja, bukan untuk mengobati penyakitnya.

Inilah Cara Mengatasi Cacar Air

1. Jangan Menggaruk Bintik Cacar Air

Kalian pasti pernah menggaruknya dengan tanpa disadari justru itu malah memperparah cacarnya. Dan Meskipun bintik cacar air terasa sangat gatal, usahakan sebisa mungkin untuk tidak menggaruknya, guna menghindari resiko infeksi, penularan ke orang lain, dan timbulnya jaringan parut (skar). Untuk menghindari garukan atau gesekan yang tak disengaja (terutama pada anak-anak), potonglah kuku, dan gunakan sarung tangan serta kaus kaki ketika menjelang tidur. Mandilah dengan air hangat, dan keringkan dengan handuk sesudahnya dengan cara menepuk-nepuk jangan mengosok-gosoknya.

2. Menjaga Asupan Makanan Dan Cairan

Ketika seseorang mengalami cacar air penting untuk tetap terhidrasi dan menjaga asupan makanan ke dalam tubuh, guna menjaga sistem imun agar tidak semakin melemah dan dapat terus memerangi virusnya. Hindari minuman bersoda serta makanan yang terlalu asin atau pedas. Perbanyak saja minum air putih dan makan makanan seperti roti, biskuit atau sup.

Tindakan Priventif Untuk Mencegah Cacar Air

1. Jangan Dulu Sekolah

Untuk menghindari penyebaran virusnya ke orang lain, seseorang yang sedang terkena cacar air sebaiknya beristirahat saja dirumah. Sementara waktu hindari pergi ke sekolah atau bekerja di kantor sampai dipastikan semua bintil cacar air mengering membentuk keropeng dan tidak terasa gatal lagi.

2. Jaga Jarak Dengan Orang Sekitar

Jika sedang mengalami cacar air, sebaiknya jaga jarak atau jauhi dulu anggota keluarga, teman atau orang-orang yang beresiko tinggi menjadi sakit parah jika terinfeksi cacar air. Contohnya seperti, wanita hamil, bayi baru lahir, dan orang-orang dengan sistem imun yang lemah seperti penderita gagal ginjal, kanker, HIV dan orang-orang yang memakai obat steroid dosis tinggi. Usahakan untuk menghindari kontak dengan orang-orang ini sampai lepuh atau bintil-bintil cair mengering dan tidak lagi menular.

 

 

 

Inilah Pengobatan dan Cara Mengatasi Cacar Air Agar Sembuh Total Tanpa Bekas | Inddri | 4.5