6 Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Anak Anda

Friday, July 26th, 2019 - Artikel Kesehatan, Obat Herbal, Tips Sehat
CARA MENGATASI DEMAM TINGGI PADA ANAK ANDA

CARA MENGATASI DEMAM TINGGI PADA ANAK ANDA

Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Anak AndaDemam adalah penyakit ringan yang jika dibiarkan dapat membahayakan bagi anak anda.demam dapat disebabkan karena berbagai hal, bisa karena peradangan dan adanya penyakit tertentu. Cara mengatasi demam tinggi pada anak pun beragam, mulai dengan cara alami sampai menggunakan cara modern atau medis.

Namun sebelum memberikan obat, ada baiknya jika anda mengatasi demam tinggi pada anak dengan cara-cara sederhana namun efektif menurunkan demam anak.

cara mengatasi demam tinggi pada anak yang dapat anda lakukan sendiri dirumah adalah sebagai berikut :

  1. Mandi menggunakan air hangat

Cara mengatasi demam tinggi pada anak yang pertama adalah memandikan anak dengan air hangat, sebisa mungkin suruh anak berendam dalam air hangat tersebut.Air hangat ini dapat berfungsi menurunkan suhu tubuh anak.setelah mandi dengan air hangat kesehatan anak akan berangsur membaik.

  1. Kompres

Cara mengatasi demam tinggi pada anak yang selanjutnya adalah mengompres anak menggunakan spons atau kain yang telah dicelupkan dalam air panas.Pengompresan ini dapat anda lakukan terus-menerus selama anak istirahat.Pengompresan menggunakan spons basah ini dapat anda hentikan ketika suhu badan anak mulai turun.

  1. Turunkan suhu tubuh

Demam akan menurun dengan sendirinya pada suhu ruangan yang dingin, dengan begitu turunkanlah suhu ruangan anda agar demam tinggi pada anak anda segera membaik. Selain itu suhu ruangan yang dingin juga akan menambah kenyamanan anak anda saat istirahat.

  1. Perbanyak minum air putih

Saat anak anda terkena demam kemungkinan besar anak anda akan terkena dehidrasi, oleh karena itu banyak minum air putih sangat dianjurkan untuk menghilangkan dehidrasi pada anak anda. Selain itu air putih juga berkhasiat menurunkan suhu tubuh pada anak anda.Jika pada orang normal disarankan minum air putih 8 gelas perhari, maka saat demam tambahlah jumlah porsi air putih yang diminum menjadi 12 gelas perhari.

 

  1. Oleskan bawang putih pada kaki

Cara mengatasi demam tinggi pada anak bisa juga menggunakan bawang putih yang dicampur dengan minyak kelapa atau minyak kayu putih, oleskan campuran bawang putih dan minyak ini ditelapak kaki anak anda, diamkan semalaman dan pagi harinya suhu tubuh anak anda akan menurun. Lakukan pengobatan seperti ini setiap malam hingga demam anak anda benar benar sembuh.

 

  1. Perbanyak tidur atau istirahat

Hal utama yang dapat membantu mengobati demam pada anak adalah dengan cukup istirahat. Dengan banyak tidur akan membuat tubuh anak anda menjadi fresh kembali dan demam pada anak akan menurun dengan sendirinya.

Beberapa cara mengatasi demam tinggi pada anak diatas adalah cara termudah yang dapat anda lakukan sendiri dirumah. Cara tersebut terbukti efektif mengobati demam jika anda rajin dan telaten dalam merawat anak anda.

Sekian artikel kami tentang cara mengatasi demam tinggi pada anak semoga bermanfaat untuk anda.

Salam

6 Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Anak Anda | muhammad yamin | 4.5