Cara mudah menjaga kesehatan mulut dan gigi

Saturday, May 18th, 2019 - Artikel Kesehatan

Prinsip utama menjaga kesehatan gigi dan mulut

       ada beberapa contoh dari kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Contohnya sariawan, gusi bengkak, bau mulut, atau gigi berlubang.

Oleh karena itu kami menyajikan beberapa cara mudah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut diantaranya :

  1. Jangan sikat gigi terlalu keras

Tujuan menyikat gigi adalah untuk menghilangkan noda pada gigi. Namun, jika menyikat gigi terlalu keras, gesekannya dapat merobek gusi dan mengikis enamel gigi yang relative tipis. Akibatnya, gigi menjadi lebih sensitive.

Menyikat gigi haruslah dengan cara yang lembut dengan gerakan memutar dan memijat gigi, lama durasi yang efektif untuk sikat gigi adalah sekitar 2 menit.

  1. Sikat gigi sebelum tidur

Sikat gigi dianjurkan setidaknya untuk dua kali sehari, yaitu bangun tidur dan sebelum beranjak tidur. Sikat gigi sebelum tifur dapat menghilangkan kumaan dan noda pada gigi anda yang menumpuk lama sepanjang hari.

  1. Gunakan pasta gigi berflourida

Flourida adalah unsur alami yang dapat ditemukan di banyak hal, seperti air minum dan makanan yang kamu konsumsi. Flourida di serap tubuh untuk digunakan oleh sel-sel yang membangun gigi anda untuk menguatkan enamel gigi. Flourida merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi yang bekerja memerangi kuman yang dapat menyebabkan kerusakan.

  1. Jangan merokok

Tembakau dapat menyebabkan gigi menguning dan bibir menghitam. Merokok juga dapat melipat gandakan risiko terhadap penyakit gusi dan kanker kulit.

  1. Banyak minum air

Air merupakan minuman terbaik untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk bagi kesehatan mulut. Karena aktivitas minum dapat membantu membersihkan efek negative dari makanan dan minuman yang menempel di gigi.

  1. Batasi mengonsumsi makanan yang manis dan asam

Makanan manis dan asam akan diubah menjadi asam oleh bakteri di mulut yang kemudian dapat menggerogoti enamel gigi, tidak perlu  menghentikan anda hanya perlu membatasi.

  1. Makan makanan yang bergizi

Sama hal nya dengan air putih, makan makanan yang bergizi juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut anda. Makanan yang bergizi termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan produk susu dapat memberikan semua nutrisi yang anda butuhkan.

Cara mudah menjaga kesehatan mulut dan gigi | Fitri | 4.5