Efek Samping Dulcolax yang Harus Anda Ketahui

Monday, May 18th, 2015 - Kumpulan Efek Samping
efek samping dulcolax

efek samping dulcolax

Efek Samping Dulcolax yang Harus Anda Ketahui – Dulcolax merupakan sejenis obat yang biasa digunakan untuk pengobatan pelancar buang air besar atau obat pencahar. Obat dulcolax ini sudah diproduksi selama lebih dari 60 tahun oleh sebuah perusahaan farmasi bernama Boehringer Ingelheim. Selama itu belum ada efek samping dulcolax yang dirasakan.

 

Sampai sekarang ini dulcolax mempunyai banyak jenisnya yang berbeda, semuanya ditujukan untuk kondisi yang berbeda juga. Namun, tak semua jenis dulcolax masuk ke pasar Indonesia.

 

Karena obat dulcolax digunakan untuk membantu memperlancar buang air besar, dulcolax digunakan pada kasus seperti sembelit atau konstipasi. Dulcolax juga menjadi salah satu obat yang dipersiapkan untuk tindakan operasi serta tindakan lain.

 

Konstipasi dulcolax memiliki kandungan zat bisacodyl. Zat tersebut berfungsi untuk meningkatkan gerakan atau motilitas dinding usus besar dan mempunyai efek untuk meningkatkan kadar air di dalam feses, ini membuat feses menjadi lunak. Dengan cara kerja seperti itulah dulcolax membantu proses terjadinya buang air besar.

 

Kontradiksi pemakaian dulcolax yakni riwayat alergi pada bisacodyl, intoleransi sukrosa atau laktosa, dehidrasi berat, sumbatan pada usu, gangguan gerakan usus, usus buntu dan pasien yang baru saja menjalani operasi di bagian perut, peradangan usus serta nyeri perut yang hebat dan muntah.

 

Semua jenis obat pencahar, termasuklah dulcolax ini tidak boleh digunakan pada seorang wanita hamil dan juga ibu menyusui. Penggunaan dulcolax pada usia anak juga harus diperhatikan. Pemakain dulcolax haruslah dipertimbangkan risiko dan manfaatnya.

 

Hanyalah dokter yang diperbolehkan untuk mengintruksikan penggunaannya. Pemakain sendiri serta pemakain yang sembarangan bisa menyebabkan komplikasi. Nah, berikut ini efek samping dulcolax bagi tubuh yang harus diketahui sebab efek samping yang terjadi tidak disadari.

 

Efek Samping Dulcolax

Semua jenis obat pencahar dan termasuklah dulcolax di dalamnya sama sekali tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Dulcolax juga tidak boleh digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Perhatikanlah pemakaian yang tepat dengan cara mengkonsultasikannya ke dokter terlebih dulu. Dokter bisa membantu menemukan penyebabnya dan memberikan cara penyembuhan yang benar.

 

Efek samping pada penggunaan dulcolax yang berlebihan bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada elektrolit serta cairan lainnya. Ini bisa menimbulkan dehidrasi dengan gejala seperti sering merasakan haus serta air urin menjadi sedikit. Efek samping penggunaan dulcolax lainnya yakni berupa BAB darah, pusing hingga pingsan, serta iritasi di anus.

 

Nah, itulah beberapa Efek Samping Dulcolax. Ingatlah, apapun jenis penyakit yang anda alami jangan pernah mengkonsumsi obat-obatan tanpa disertai resep dokter.

Semua jenis obat pasti ada efek sampingnya, hanya saja kebanyakan dari kita tidak pernah menyadari reaksi negatif atau efek samping yang terjadi. Bukankah lebih baik menghindari daripada harus mengobatinya, kan?

BACA JUGA : 7 TANAMAN OBAT PALING BERHASIAT

Artikel Ini Tentang:

DULCOLAC, bahan dulcolax, Dulcolak, dulcolax, efek samping dulcolax bagi, manfaat dulcolax
Efek Samping Dulcolax yang Harus Anda Ketahui | muhammad yamin | 4.5