Efek Samping Kosmetik Yang Harus Diwaspadai

Tuesday, May 14th, 2019 - Artikel Kesehatan

Efek Samping Kosmetik Yang Harus Diwaspadai – Ternyata dibalik manfaat kosmetik untuk merias wajah agar terlihat lebih cantik, terdapat beberapa hal yang harus diwaspadai. Beberapa bahan kosmetik dapat menyebabkan efek samping karena bahan kimianya. Bahkan kondisi terburuk dapat menyebabkan kanker.

Kosmetik

Berikut Beberapa Efek Samping Penggunaan Kosmetik

  • Alergi

Hal ini sudah biasa dialami bagi orang yang memiliki kulit sensitif. Biasanya kulit menjadi gatal, merah, timbul bintik-bintik perih dan bengkak. Karena kulit sensitif rentan dengan beberapa kandungan kosmetik. Jika muncul ruam pada kulit dalam beberapa kali pemakaian, bisa jadi hal itu karena adanya pengawet, fragrance atau bahan kimia akrilat.

  • Jerawat

Biasanya jerawat muncul pada kondisi wajah berminyak karena disebabkan oleh beberapa kandungan dalam kosmetik. Umumnya menggunakan make-up yang bestekstur cair atau creamy seperti concealer dan foundation. Kekurangan produk dengan tekstur seperti itu adalah sulit untuk dibersihkan di wajah meskipun kita sudah membersihkannya dengan sabun facial wash atau facial foam. Sisa make-up biasanya masih terperangkap di dalam kulit, sehingga timbul bakteri dan jerawat muncul. Untuk itu, melakukan perawatan wajah sebulan sekali sangat penting. Tidak lupa menggunakan masker wajah, minimal seminggu sekali untuk mengangkat kotoran wajah yang terisisa.

  • komedo

Masalah ini hampir sam dengan jerawat, komedo timbul karena timbunan make-up dan debu. Bila kamu tidak rajin mencuci wajah, komedo bisa mudah timbul dan kondisi terparah bisa menjadi jerawat.

  • Kanker

Kondisi terparah dari pemakaian make-up adalah kanker. Jika produk make-up yang Anda gunakan mengandung bahan kimia seperti amorphous hydrated silica, maka bahan tersebut harus dikhawatirkan. Kandungan kimia tersebut mengandung crystalline quartz yang terkait dengan kanker. Maka dari itu jika selama penggunaan make-up muncul gatal-gatal, iritasi kulit, kemerahan, atau efek merugikan lain diduga akibat penggunaan kosmetik sebaiknya segera hentikan penggunaan. Apabila gejala tersebut tidak kunjung reda maka kamu diharapkan untuk segera menghubungi tenaga medis.

Nah itu dia diatas beberapa efek samping dari penggunaan kosmetik, di harapkan harus hati-hati jika memilih berbagai produk kosmetik yaah…Semoga bermanfaat..jangan lupa baca artikel lainnya juga yaa..

 

Efek Samping Kosmetik Yang Harus Diwaspadai | Nopi | 4.5