Efek Samping Metformin Serta Dosisnya

Saturday, August 10th, 2019 - Kumpulan Efek Samping
efek samping metformin

efek samping metformin

Efek Samping Metformin Serta Dosisnya – Metformin merupakan obat penurun gula darah untuk penderita kencing manis atau diabetes. Ada beberapa golongan obat untuk penyakit diabetes. Metformin merupakan salah satu golongan obat yang dapat bekerja untuk menghambat pembentukan gula pada hati. Obat ini dapat menurunkan kadar gula dalam darah yang tinggi dengan membuat tubuh untuk lebih responsif terhadap adanya insulin. Insulin merupakan hormon yang bertugas mengatur kadar gula dalam tubuh.

Metformin juga merupakan obat yang sering dianjurkan untuk penanganan pertama bagi penderita diabetes tipe 2. Namun, obat ini tidak dapat membantu bagi penderita diabetes tipe 1 yang sepenuhnya tergantung terhadap suntikan insulin.

Tentang Metformin

Jenis Obat                   : Obat antidiabetes biguanid (biguanide)

Golongan                    : Obat resep

Manfaat                       : menurunkan kadar gula dalam darah yang tinggi bagi penderita diabetes

tipe 2

Dikonsumsi oleh         : Deasa serta anak-anak usia 10 tahun ke atas

Bentuk obat                 : Tablet, bubuk serta cairan yang diminum

Metformin tersedia dengan berbagai merk serta dapat digunakan dengan bentuk tablet, bubuk, ataupun cairan yang diminum. Akan tetapi penggunaannya harus menggunakan resep dokter. Di antara berbagai jenis obat diabetes, metformin merupakan obat pertama yang diresepkan. Metformin juga cocok bagi pengidap diabetes bertubuh gemuk.

Metformin tidak dapat diberikan terhadap beberapa kondisi atau penyakit penyerta, seperti :

  1. Alergi (hipersensitivitas) dengan metformin;
  2. Gagal ginjal;
  3. Peningkatan keasaman darah;
  4. Penyakit jantung kongesti;
  5. Wanita menyusui.

Dikhawatirkan adanya efek samping metformin yang berarti, maka pemberiannya  memerlukan pengawasan tenaga medis untuk pasien dengan kondisi berikut:

  1. Demam;
  2. Trauma;
  3. Dehidrasi;
  4. Gizi buruk;
  5. Gangguan pada fungsi hati;
  6. Akan menjalani operasi;
  7. Pasien dengan usia tua.

Kenali Bahaya serta Efek Samping Metformin

Sama halnya dengan obat-obatan lain, efek samping metformin juga ada. Beberapa efek samping metformin pada umumnya terjadi ketika mengkonsumsinya, yaitu :

  • Mual serta muntah
  • Nafsu makan menurun
  • Sakit perut
  • Batuk dan suara yang serak
  • Sensasi rasa logam dalam mulut
  • Nyeri otot serta kram
  • Lemas dan juga merasa mengantuk

 

DOSIS

Metformin denga bentuk obat tablet. Ada tiga pilihan dalam kemasan, yaitu metformin 500 mg, 850 mg, serta 1000 mg. Dan yang paling sering digunakan adalah metformin yang 500 mg. Karena efek samping metformin sering dilaporkan yang dapat menyebabkan mual, oleh karena itu disarankan agar dikonsumsi setelah makan atau juga setelah makan pada suapan pertama. Metformin dapat dikonsumsi 2 hingga 3 kali dalam sehari. Metformin juga tersedia dalam bentuk obat generik atau juga obat paten.

Dalam pengobatan penyakit diabetes, metformin diberikan dengan dosis 1500-2550 mg dalam sehari yang terbagi dalam 2 hingga 3 kali minum. Awal-awalnya, obat ini diberikan dalam dosis 500 mg. Lalu dilihat respon pengobatannya. Jika kadar gula tidak dapat memenuhi target, dosisnya dapat ditingkatkan setiap 1 hingga 2 minggu. Dosis maksimum yang dapat digunakan adalah 2550 mg per hari. Pasien usia lanjut, perlu adanya pengawsan karena efek samping metformin biasanya sering terjadi.

Demikian penjelasan tentang dosis dan efek samping metformin, semoga bermanfaat.

 

Efek Samping Metformin Serta Dosisnya | muhammad yamin | 4.5