Efek Samping Pete Terhadap Kesehatan Anda

Sunday, August 11th, 2019 - Artikel Kesehatan, Kumpulan Efek Samping
efek samping pete

efek samping pete

Efek Samping Pete Terhadap Kesehatan Anda – Pete dengan nama latin Parkia Speciosa ternyata mempunyai banyak manfaat bagi yang mengkonsumsinya. Namun jika dikonsumsi dengan cara yang berlebihan akan memberikan dampak negatif sebagai efek samping pete. Pete memiliki bentuk yang memanjang serta bulat pipih. Asam amino pada pete yang mengandung unsur sulfur tersebut yang menimbulkan adanya bau pete. Karena adanya kandungan ini yang membuat pete mempunyai bau khas. Meskipun pete berbau yang tidak enak, di Indonesia pete sangat disukai saat dijadikan sebagai lalapan. Dibalik itu semua pete sendiri memiliki kandungan gizi tinggi dan juga banyak sekali manfaat pete terhadap kesehatan.

Beberapa manfaat pete bagi kesehatan :

  1. Menghilangkan depresi

Kandungan zat tryptophan dalam pete mampu meredakan depresi yang sedang dialami oleh seseorang. Berikut merupakan dampak dari zat tryptophan yang terkandung didalamnya :

  • Membuat tubuh lebih rileks.
  • Dapat meningkatkan rasa mood, suasana hati, dan juga emosi.
  • Membuat tubuh menjadi lebih bugar.
  1. Mengurangi masalah terhadap PMS (pre menstruasi syndrome)

Ketika menstruasi, suasana hati wanita seringkali tidak menentu, tidak nyaman bahkan juga sampai emosi. Mengkonsumsi pete yang kaya akan vitamin B1 dan B6 dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah sehingga membantu untuk menstabilkan mood.

  1. Melancarkan pencernaan seperti sembelit

Kadar serat dalam pete mampu mengatasi masalah kesulitan buang air besar dan juga berbagai gangguan pada pencernaan lainnya.

  1. Mengatasi anemia

Pete memiliki kandungan zat besi cukup tinggi yang mampu membantu meningkatkan penghasilan atau produksi sel darah merah sehingga anemia dapat teratasi.

  1. Menjaga kesehatan mata dan otak

Kandungan vitamin A dalam pete bisa membantu dalam menjaga kesehatan mata dan otak serta dapat meningkatkan konsentrasi.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Pete mengandung kalium hingga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), dan juga mampu mengurangi gejala-gejala yang disebabkan karena hipertensi.

  1. Menghentikan kecanduan untuk merokok

Pete memiliki kandungan vitamin B6, B12 dan kalium serta magnesium yang sangat bagus dalam membantu seseorang yang kecanduan nikotin sehingga dapat ditangani dengan baik dan juga membantu tubuh untuk menangani efek dari nikotin.

 

  1. Baik untuk kesehatan lambung

Walaupun dikonsumsi dalam keadaan mentah atau matang tidak memiliki efek samping pete terhadap kesehatan lambung. Tetapi pete sangat bagus bagi kesehatan lambung karena dapat menetralisir keasaman di lambung, dan dapat mengurangi serta mencegah luka dan juga iritasi yang terjadi di lambung.

Efek samping pete saat dikonsumsi

Dibalik dari manfaatnya yang baik bagi kesehatan, juga ternyata bisa menimbulkan efek samping pete. Agar tidak membahayakan, simaklah berikut efek samping pete :

  • Sejauh ini belum ada ditemukan efek toksisitas dari pete, dan masih aman atau tidak menyebabkan keracunan jika mengkonsumsi 30 biji hampir tiap hari. Walaupun demikian, asam jengkol di dalam biji pete mungkin saja bisa menyebabkan penyumbatan di ureter.
  • Pete mengandung purin tinggi, sehingga tidak baik jika dikonsumsi bagi penderita penyakit asam urat.
  • Pete mempunyai kandungan zat tannin cukup tinggi. Zat tannin berpotensi dalam mengurangi daya cerna terhadap protein asam amino. Sehingga pete tidak dianjurkan untuk anak-anak karena bisa menghambat pertumbuhan.
  • Pete memiliki kandungan asam amino tinggi sehingga dapat mengganggu kesehatan pada ginjal. Oleh karena itu, tidak dianjurkan bagi penderita penyakit ginjal untuk mengkomsumsi pete.
  • Bau yang dihasilkan oleh pete terkadang dapat menyebabkan rasa sakit di kepala dan juga pusing.

Demikianlah pemaparan tentang efek samping pete yang dirasakan jika mengkonsumsi jenis makanan yang memiliki bau yang kurang sedap ini.

Efek Samping Pete Terhadap Kesehatan Anda | muhammad yamin | 4.5