Efek Samping Tongkat Madura Bagi Kesehatan

Thursday, June 13th, 2019 - Kumpulan Efek Samping
efek samping tongkat madura

efek samping tongkat madura

Efek Samping Tongkat Madura Bagi Kesehatan – Bagi wanita terutama ibu-ibu yang sering mengonsumsi jamu tongkat madura sebaiknya membaca informasi efek samping tongkat madura berikut ini. Tongkat madura adalah jamu asli dari Madura yang banyak dipesan oleh ibu-ibu rumah tangga yang ingin mengembalikan kerapatan organ kewanitaannya. Banyak yang mengatakan bahwa komposisi tongkat ini mengandung beberapa kandungan seperti kapur, gausume folium dan beberapa bahan lainnya yang terdapat di pulau Madura.

Namun tak sedikit juga yang meragukan manfaat dari obat ini, karena banyaknya beredar di pasaran obat-obat palsu yang tidak terdaftar Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM). Oleh sebab itu, banyak dokter atau pemerintah melarang masyarakat menggunakan jamu yang dipercaya dapat menyebabkan merapatnya kembali vagina hanya denga olesan jamu ini. Sebaiknya anda harus berhati-hati dengan maraknya penjualan obat-obat tanpa adanya izin BBPOM, karena berdampak negatif salah satunya dampak jamu tongkat madura ini.

Efek Samping Tongkat Madura yang Harus Anda Ketahui

Penggunaan jamu ini diperuntukkan bagi wanita, caranya dengan mengoleskan jamu ke area vagina sebelum melakukan hubungan intim. Namun, yang ditakutkan kandungan yang ada pada jamu akan ikut masuk ke dalam rahim sehingga inilah yang menyebabkan  efek samping tongkat madura yang banyak ditakuti orang. selain itu, jamu ini tidak diperuntukkan bagi puteri yang masih perawan karena dapat merusak selaput kewanitaan.

Selogan iklan yang ditawarkan pada jamu ini adalah dapat menghilangkan dan menyembuhka kotoran atau lendir yang diakibatkan oleh penyakit keputihan yang akan menyebabkan bau menyengat dan tidak sedap. Namun, banyak juga yang mengatakan setelah menggunakan jamu ini, adanya cairan lendir seperti kerak telur yang keluar bersamaan dengan sperma. Inilah yang membuat sebagian orang khawatir menggunakan jamu ini karena dianggap dampak jamu tongkat madura  cukup mengkhawatirkan.

Menurut Kepala Bidang Pengujian Produk Terapetik, Napza Kosmetik dan Obat Tradisional, BBPOM Surabaya, Retno Kurpaningsi mengatakan bahwa obat ini belum terdaftar di BBPOM sehingga membuat obat ini belum teruji aman atau tidaknya. Selain itu, berdasarkan peraturan kementrian kesehatan mengungkapkan bahwa jamu tradisional yang dijual dengan cara tetes mata, suntik ataupun dimasukkan ke dalam lubang tubuh sebaiknya dilarang beredar.

Sebenarnya BBPOM telah memberikan surat teguran kepada pabrik yang menjual jamu ini namun tidak terlacaknya tempat produksi membuat permintaan larangan edar belum dapat dilakukan. Bahkan ada sebagian dokter yang mengatakan bahwa menggunakan jamu ini saat masa kehamilan dapat menyebabkan keguguran karena adanya kandungan manjakani.  Selain itu, beberapa kandungan lainnya tidak terdaftar pada jamu ini sehingga membuat BBPOM meragukan amannya jamu ini jika digunakan.

Itulah efek samping tongkat madura bagi kesehatan, sebaiknya anda para ibu rumah tangga yang menggunakan jamu ini konsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis kandungan atau kebidanan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

Efek Samping Tongkat Madura Bagi Kesehatan | muhammad yamin | 4.5