Harus Diketahui! Tanda Flu Mulai Berbahaya

Friday, May 17th, 2019 - Gejala Penyakit

Tasikmalaya – Flu, penyakit yang sering dibiarkan begitu saja karena menganggap hanya penyakit biasa yang cepat sembuhnya, padahal tidak selalu begitu . Kadang flu bisa menjadi gejala penyakit yang bisa mematikan. Biasanya flu atau pilek sering datang ketika kita sedang tidak enak badan, kecapean, perubahan musim. Nah, biar kita tidak salah, kita perlu mengetahi apakah flu yang kita alami umum atau berbahaya.

flu atau pilek

Berikut Gejala Flu Atau Pilek yang harus diwaspadai

  •  Sakit Kepala Hebat

Sakit kepala yang hebat terutama jika disertai dengan demam dan kekakuan leher menjadi pertanda ada gangguan yang lebih serius. Di sisi lain, tekanan sakit kepala atau sakit yang lebih buruk disekitar mata, dan hidung mungkin merupakan tanda infeksi sinus.

  • Demam ringan berhari-hari

Bahkan jika demam tidak terlalu tinggi, demam ringan selama berhari-hari mungkin pertanda tubuh melawan penyakit yang lebih dari selesma. Demam yang konsisten bisa berarti Anda benar-benar terserang flu atau mononukleosis.

  • Mual dan muntah

Mual, muntah, dan diare biasanya tidak menyertai pilek. Jadi gejala seperti ini bisa menandakan sesuatu yang lebih serius, seperti flu. Penting untuk mendapatkan perhatian medis jika mengalami gejala-gejala ini. Karena dapat menyebabkan Anda mengalami dehidrasi.

  • Nyeri dada dan kesulitan bernapas

Walaupun batuk adalah gejala flu biasa, batuknya tidak terlalu parah sehingga menyebabkan sesak napas, mengi, atau nyeri dada. Gejala sakit di dada atau sulit bernapas tidak boleh diabaikan, karena gangguan pernapasan bisa menjadi pertanda radang paru-paru. Sementara nyeri dada, sesak, dan sesak napas tiba-tiba bisa menandakan emboli paru atau penyumbatan bekuan darah di paru-paru.

  • Gejala terjadi lebih dari empat hari

Flu biasa cenderung sembuh dengan sendirinya dalam tiga hingga empat hari. Gejala-gejalanya antara lain tenggorokan gatal, hidung tersumbat, dan pilek, lalu batuk biasanya timbul. Meskipun batuk dan hidung berair masih ada dalam beberapa hari, gejala pilek akan hilang setelah empat hari.

“Pilek akan membaik setelah beberapa hari istirahat dan hidrasi,” kata Dokter di Cambridge Health Alliance, Melisa Lai Becker. Jika gejala berlangsung lebih lama, ada kemungkinan sesuatu yang lebih mengkhawatirkan, seperti flu atau mononukleosis. Agar aman, buatlah janji dengan dokter.

Semoga Bermanfaat…

Harus Diketahui! Tanda Flu Mulai Berbahaya | Nopi | 4.5