Ini dia Penyebab Terjadinya Insomnia

Monday, May 13th, 2019 - Artikel Kesehatan

                                           Insomnia

Pengertian Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk tidur, sehingga tidak dapat memiliki waktu tidur yang cukup sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tubuh. Hal tersebut menyebabkan kondisi tubuh menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

Gejala Insomnia

Terdapat dua tipe insomnia yaitu insomnia primer dan sekunder.Insomnia primer biasanya berkaitan dengan medis lainnya.Sedangkan Insomnia sekunder biasanya disebabkan oleh gangguan kesehatan lain,misalnya radang sendi, depresi, kanker, asma atau refluks asam lambung (GERD). Ada beberapa gejala insomnia seperti :

  • Merasa lelah dan tertekan pada waktu pagi hari atau malam hari.
  • Memiliki lingkaran hitam dan membengkak di sekitar mata.
  • Mengonsumsi obat-obat tidur dalam beberapa bulan terakhir.
  • Jatuh tertidur di pesta atau setelah makan malam di rumah orang.
  • Sangat sensitif terhadap rangsangan internal seperti sakit perut (maag) atau kejang-kejang.Sering tidak dapat tidur, tidur tidak nyenyak ataupun bangun terlalu dini.
  • Kurang aktif dan memiliki sedikit hubungan sosial.
  • Kecanduan obat-obatan, terutama yang mengandung zat penenang.
  • Takut menghadapi malam hari karena susah tidur.
  • Mudah tersinggung atas hal-hal yang tidak penting.
  • Menggunakan rokok, alkohol atau obat-obatan untuk menenangkan diri dan membantu anda untuk tidur.
  • Merasa seperti kehilangan fokus perhatian yang membuat anda tidak dapat merespon rangsangan dari luar dan membuat anda sensitif terhadap hal lainnya.

Pengobatan insomnia

Jika diperlukan, dokter akan memberi pasien obat tidur untuk beberapa minggu.Pengobatan yang dilakukan akan disesuaikan dengan kondisi tiap pasien. Ada beberapa cara mencegah terjadinya insomnia:

  • Hindari banyak makan dan minum sebelum tidur.
  • Hindari atau batasi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein.
  • Usahakan aktif di siang hari agar terhindar dari tidur siang.

Penyebab Insomnia

Insomnia dapat dialami oleh siapa saja dan biasanya akibat dari stress, tetapi insomnia lebih berisiko terjadi pada orang lanjut usia, dan seseorang yang memiliki gangguan kesehatan.Beberapa penyebab umum insomnia sebagai berikut :

  1. Stres
  2. Depresi
  3. Kebiasaan tidur yang buruk.
  4. Gaya hidup tidak sehat.
  5. Penaruh obat-obatan tertentu.

Cara mengarasi Insomia

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi insomnia antara lain :

1.Olahraga teratur

Dengan berolahraga, kesehatan Anda menjadi lebih optimal, sehingga tubuh dapat melawan stres yang muncul dengan lebih baik. Olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur.

2.Hindari makan dan minum terlalu banyak sebelum tidur

Makan terlalu banyak akan membuat perut terasa tidak nyaman,sedangkan terlalu banyak minum mengakibatkan anda sering ke belakang untuk buang air kecil.keduanya sudah tentu mengakubatkan tidur anda terganggu.

3.Tidur dalam lingkungan yang nyaman

Saat tidur matikan lampu, matikan hal-hal yang menimbulkan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan anda.dengan begitu anda dapat tidur dengan nyaman.

4.Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat selama 30 menit sampe 1 jam sebelum tidur. mandi dengan air hangat dapat mengurangi ketegangan tubuh dan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur.

5.Kurangi minuman yang bersifat stimulan atau membuat Anda terjaga

Hindarilah minuman seperti teh, kopi, dan alkohol, karena minuman dapat menyebabkan Anda terjaga. Rokok juga perlu Anda hindari jika ingin tidur lebih nyenyak. Untuk mengatasi insomnia, makanlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur. Bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat low-fat.

6.Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari

Waktu tidur yang kacau dapat mengganggu waktu tidur selanjutnya. Agar dapat mengurangi insomnia anda harus menormalkan kembali waktu priode tidur anda.

7.Melakukan aktivitas relaksasi secara rutin

Mendengarkan musik, melatih pernapasan, meditasi dan lain-lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh, sehingga tubuh Anda akan menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempermudah Anda untuk tidur.

Jika anda kurang tidur terus menerus dan mempengaruhi kehidupan sehari-hari anda, cobalah berkonsultasi pada dokter.

Ini dia Penyebab Terjadinya Insomnia | Elis | 4.5