Inilah 5 Gejala Penyakit Leukimia

Sunday, July 7th, 2019 - Artikel Kesehatan
Inilah 5 Gejala Penyakit Leukimia

Inilah 5 Gejala Penyakit Leukimia

Inilah 5 Gejala Penyakit LeukimiaLeukimia merupakan penyakit kanker yang menyerang darah, menjadikan sel darah putih melebihi batas normal dan masuk dalam penyakit brbahaya, sebab bila tidak segera ditangani akan berakibat fatal hingga kematian. Orang yang terserang leukimia yang sebelumnya terlihat sehat bisa berbalik menurun kesehatannya dengan drastis. Meski penyembuhannya tak mudah, namun dengan mengenali gejala penyakit leukimia sebagai berikut, anda bisa lebih dini mendeteksi dan dilakukan pengobatan, sehingga angka harapan sembuhnya semakin tinggi.

Berikut beberapa gejala penyakit leukimia :

  1. Penurunan berat badan

Bila anda mengalami penurunan berat badan padahal tidak sedang dalam program diet bisa jadi merupakan gejala suatu penyakit, termasuk leukimia. Karena pada leukimia tingkat pembakaran energinya menjadi lebih besar. Hal ini memang belum tentu gejala penyakit leukimia dan umumnya terjadi pada semua jenis kanker.

  1. Nyeri tulang belakang dan pembengkakan internal

Terkadang gejala ini tak disadari penderitanya karena seperti kelelahan biasa, padahal sel kanker sedang menyerang sumsum tulang belakangnya dan menimbulkan nyeri yang amat sangat bahkan hingga demam.

Sel darah putih berlebih juga akan berkumpul di area hati, empedu, serta ginjal sehingga menyebabkan organ tersebut membengkak disertai nyeri. Bagian internal lain yang mungkin bengkak yakni kelenjar getah bening pada leher dan bawah lengan.

  1. Melemahnya kontrol otot

Kejang otot, mulai kesulitan berjalan, menggerakkan tubuh, serta hilangnya keseimbangan dari waktu ke waktu juga dapat diwaspadai sebagai gejala penyakit leukimia.

  1. Mudah sakit

Sel darah putih yang semestinya bekerja memerangi penyakit yang menyerang tubuh pada akhirnya tidak berfungsi karena terserang kanker. Penderita akan lebih rentan terserang penyakit terutama karena virus. Ini tentu sangat berbahaya, karena berbagai virus tak dapat ditangkal oleh tubuh, dan bila terjadi komplikasi dari beberapa penyakit karena virus maka kondisi tubuh semakin memburuk.

  1. Pendarahan abnormal

Gejala penyakit leukimia yang terakhir ini paling mudah dikenali karena sangat khas. Terjdinya pendarahan yang abnormal yakni sulit berhenti, berulang, serta warna darah cenderung merah muda, bukannya merah pekat.

Misalnya saja ketika penderita terkena luka sayatan, pada orang normal darah akan mudah untuk membeku dan berhenti. Namun tidak pada leukimia karena kadar darah putihnya di atas normal. Selain itu dilihat dari pendarahan pada gusi yang sukar berhenti, dan terjadi berulang kali terus menerus.

Hal lain yang menjadi ciri khas adalah mimisan. Pendarahan pada hidung yang terjadi pada pengidap leukimia berbeda dari orang normal pada umumnya yang mudah berhenti.

 

Semoga bermanfaat.

Baca juga : Gejala penyakit tiroid yang sangat berbahaya

Inilah 5 Gejala Penyakit Leukimia | muhammad yamin | 4.5