Inilah 5 Khasiat Akar Alang-alang

Tuesday, July 16th, 2019 - Artikel Kesehatan
Inilah 5 Khasiat Akar Alang-alang

Inilah 5 Khasiat Akar Alang-alang

Inilah 5 Khasiat Akar Alang-alangAlang-alang adalah tanaman yang dianggap sebagai gulma atau pengganggu oleh sebagian besar petani. Jika muncul alang-alang biasanya orang akan membabat, mencabut, atau bahkan membakarnya karena dianggap sebagai tumbuhan yang tidak mempunyai khasiat sama sekali.

 

Padahal yang perlu anda ketahui, ternyata ada bagian alag-alang yang mempunyai khasiat untuk tubuh anda yaitu bagian akarnya. Khasiat akar alang-alang ternyata juga banyak ini karena akar alang-alang mengandung glukosa, citric acid, malic acid,anemonim, arundoin, dan kandungan yang lain.

Berikut khasiat akar alang-alang yang perlu anda ketahui, antara lain:

 

  1. Mengobati penyakit ginjal 

Bila anda atau keluarga mempunyai penyakit ginjal, anda bisa mencoba pengobatan dengan akar alang-alang.Selain alami pengobatan dengan akar alang-alang juga tidak menimbulkan efek samping.Khasiat akar alang-alang untuk mengobati ginjal bisa anda peroleh dengan merebus akar alang-alang dengan tiga gelas air. Rebus hingga tersisa satu gelas air dan kemudian disaring. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya anda minum air rebusan akar alang-alang 2 kali sehari secara rutin.

  1. Mengobati kencing nanah 

Kencing yang disertai dengan nanah tidak bisa anda biarkan begitu saja, karena hal itu tentu saja sangat berbahaya, untuk mengobati kencing nanah anda bisa menggunakan akar alang-alang. Cara yang bisa anda gunakan yaitu rebus 300 gram akar alang-alang dengan 2.000 cc air. Rebus hingga tersisa 1.200 cc. untuk mengkonsumsinya anda bisa menambahkan gula batu dan sebaiknya diminum 3 kali sehari selama 10 hari.

  1. Mengobati mimisan 

Khasiat akar alang-alang bisa anda gunakan untuk mengobati mimisan.Caranya dengan menumbuk dan memeras akar alang-alang hingga mendapatkan air sebanyak 100 cc,dan langsung anda minum.

  1. Mengobati radang paru-paru 

Selain menggunakan obat-obatan, anda juga bisa menggunakan akar alang-alang untuk mengobati radang paru-paru. Cara pengobatan radang paru-paru dengan akar alang-alang yaitu dengan rebus 50  gram akar alang-alang dengan 10 kuntum bunga melati yang sudah kering, serta 5 helai daun sembung. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya, kemudian anda saring, minum air ini 2 kali sehari agar radang paru-paru anda bisa terobati.

  1. Mengatasi tekanan darah tinggi 

Untuk menurunkan tekanan darah anda, anda bisa mengkonsumsi air rebusan akar alang-alang secara teratur agar tekanan darah andabisa kembali normal.

Itulah khasiat akar alang-alang, selain akarnya anda juga bisa memanfaatkan bagian daun dan bagian bunga untuk pengobatan.

Semoga bermanfaat

Inilah 5 Khasiat Akar Alang-alang | muhammad yamin | 4.5