Inilah 6 Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau

Tuesday, July 9th, 2019 - Artikel Kesehatan, Tips Sehat
manfaat air rebusan kacang hijau

manfaat air rebusan kacang hijau

Inilah 6 Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau – Kacang hijau merupakan salah satu tanaman yang sangat populer di Indonesia tanaman jenis palawija ini memang sangat subur pada daerah tropika , kacang hijau memiliki nama latin vigna radiata, kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai macam panganan yang nikmat yang paling popular adalah bubur kacang hijau.

Selain rasanya yang nikmat kacang hijau juga memiliki sejuta manfaat yang baik untuk tubuh , kandungan protein yang tinggi membuat tanaman jenis polong-polongan ini digemari terutama di bagian asia tenggara, namun tahukah anda manfaat air rebusan kacang hijau ?.

Biasanya sebelum dikonsumsi kacang hijau direbus terlebih dahulu dan air sisa rebusannya kita buang begitu saja, setelah membaca artikel kami tentang manfaat air rebusan kacang hijau anda tidak akan membuang air bekas rebusannya.

Nah berikut kami jelaskan secara rinci 6 manfaat air rebusan kacang hijau :

  1. Mempercepat pembentukan sel darah baru

 

Manfaat air rebusan kacang hijau yang pertama adalah sebagai perangsang pembentukan sel darah yang baruh, dimana kandungan protein yang dimiliki sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel-sel organ ,otot dan juga otak.

 

  1. Membantu penyerapan nutrisi

 

Air rebusan kacang hijau juga banyak mengandung vitamin B1 tentunya hal ini sangat baik bagi proses penyerapan nutrisi dalam tubuh , selain itu air rebusan kacang hijau juga mengandung enzim-enzim yang secara aktif membatu proses penyerapan metabolisme .

 

  1. Mencegah sembelit

 

Selanjutnya manfaat air rebusan kacang hijau juga dipercaya mampu memperbaiki saluran pencernaan , kandungan serat yang tinggi pada kacang hijau meningkatkan gerak peristalik usus akan mengalami peningkatan sehingga dapat mempercepat proses pencernaan.

 

  1. Sumber energi

Air rebusan kacang hijau juga mampu dijadikan sebagai sumber energi yang handal bagi tubuh kita.

 

  1. Mempercepat penyembuhan luka

 

Lecet atau luka pada tubuh akan menyebabkan pecah dan rusaknya sel tubuh,jika tidak diperbaiki akan mengganggu sistem pada tubuh, kandungan protein yang tinggi pada kacang hijau akan sangat membantu proses perbaikan sel tersebut.

  1. Baik untuk ibu hamil

Manfaat air rebusan kacang hijau yang terakhir adalah sebagai sumber vitamin untuk hamil , kacang hijuau mengadung berbagai macam vitamin yang sangat dibutuhkan oleh wanita yang sedang mengandung seperti asam amino, protein , vitamin B1 , vitamin B2 , omega 3 , omega 6 dan asam folat.

 

Setelah membaca artikel “ manfaat air rebusan kacang hijau “ ini anda tidak akan membuangnya lagi karena memiliki berbagai macam manfaat . Semoga bermanfaat

 

 

 

Inilah 6 Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau | muhammad yamin | 4.5