Inilah 7 Tanda dan Gejala Penyakit Polip

Saturday, July 6th, 2019 - Artikel Kesehatan
7 Tanda dan Gejala Penyakit Polip

7 Tanda dan Gejala Penyakit Polip

Inilah 7 Tanda dan Gejala Penyakit Polip- Polip merupakan sebuah benjolan yang tubuh di dalam rongga hidung tepatnya pada lapisan mukosa hidung, yang berfungsi melembabkan udara sebelum masuk ke paru-paru. Biasanya polip ini akan tumbuh di dekat sinus hidung dan bila dibiarkan akan memicu sinusitis, hingga bengkak pada mata dan mengganggu penglihatan. Ada beberapa tanda dan gejala dari penyakit polip yang dapat anda kenali, yakni sebagai berikut :

 

  1. Sakit kepala

Sebenarnya sakit kepala tak boleh dianggap enteng begitu saja sebab bisa jadi merupakan gejala dari penyakit lain pada tubuh, bila anda masih sakit kepala dalam jangka waktu lama meski anda telah mengonsumsi obat dan disertai munculnya gejala penyakit polip yang lain maka sebaiknya kunjungilah dokter THT segera.

 

  1. Gatal pada hidung dan mata

Polip yang tumbuh pada rongga hidung memungkinkan munculnya rasa gatal pada rongga hidung dan sekitar mata, yang seringkali tidak anda sadari. Rasa gatal ini akan berlangsung terus menerus dan tidak hilang begitu saja.

 

  1. Pilek

Gejala penyakit polip yang paling umum dan mudah untuk dikenali yakni pilek. Bila anda pilek dalam jangka waktu yang lama lebih dari sebulan dan tak berkesudahan maka pilek ini dikategorikan tidak wajar memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

  1. Indra penciuman berkurang

Gejala satu ini masih ada kaitannya dengan gejala pilek, sama seperti ketika pilek karena ada gangguan pada indra penciuman maka penciuman anda pun menjadi berkurang kepekaannya.

 

  1. Sakit pada area wajah

Daerah yang merasakan sakit, tegang serta tidak nyaman biasanya meliputi wajah, serta dahi dan menimbulkan perasaan seperti tertekan secara terus menerus. Selain itu gigi yang terdapat pada rahang atas juga memiliki kemungkinan lebih besar untuk sakit padahal sebelumnya anda tak pernah mengalami masalah dengan gigi rahang atas.

 

  1. Hidung tersumbat

Anda sebaiknya tidak mengabaikan hidung tersumbat ini berlarut-larut, sebab gejala penyakit polip nantinya dapat memicu gangguan tidur yang disebut apnea tidur. Keadaan ini yakni gangguan tersumbatnya pernafasan yang terjadi ketika anda sedang dalam keadaan berbaring dan tidur. Meskipun ketika terlelap anda mungkin tak merasakannya namun dampaknya pada fisik anda terjadi setelah bangun tidur, yakni munculnya rasa mengantuk, lesu dan lemas karena kualitas tidur yang buruk.

 

  1. Muncul benjolan di alam hidung

Munculnya benjolan ini dapat anda rasakan saat anda menjadi sulit bernafas akhir-akhir ini, dan disertai lendir yang mengalir di tenggorokan ketika anda berbaring.

Semoga bermanfaat.

Inilah 7 Tanda dan Gejala Penyakit Polip | muhammad yamin | 4.5