Inilah Efek Samping Aspirin yang Harus Anda Ketahui

Friday, May 17th, 2019 - Kumpulan Efek Samping
efek samping aspirin

efek samping aspirin

Inilah Efek Samping Aspirin yang Harus Anda Ketahui – Obat yang paling sering digunakan oleh siapapun adalah Aspirin. Namun banyak juga dari kita yang belum tahu tujuan penggunaan obat ini, dan mulai sekarang, inilah efek samping Aspirin yang harus anda ketahui. Aspirin juga mempunyai beberapa nama lain yang dikenal seperti asam asetilsalisilat yaitu sebagai obat salisilat. Obat ini digunakan sebagai penghilang rasa sakit atau analgesik. Asam salisilat asetil yang merupakan bahan aktif dalam Aspirin adalah turunan dari salisin. Dan bisa didapat dari bahan alami yang berasal dari pohon willow.

Aspirin dalah obat yang paling tua dan yang paling banyak sebagai analgesik yang ada di pasaran. Bisa digunakan dari rasa nyeri ringan sampai nyeri sedang seperti sakit gigi, sakit kepala, ataupun pegal-pegal. Selain itu, juga dapat menyembuhkan demam, flu atau radang karena Aspirin adalah obat anti inflamasi non-steroid atau NSAID. Kemasan Aspirin ada dua, yaitu kapsul dan tablet. Aspirin yang kapsul sering membuat orang sakit perut dan merasa tidak nyaman bila dibandingkan yang tablet. Masa kerja Aspirin dalam mengobati rasa sakit berkisar 3-4 jam, itu disebabkan Aspirin tidak larut dalam perut melainkan di dalam usus. Dan berdasarkan penelitiaan, selain sebagai penghilang rasa sakit, juga sebagai pengurangan peradangan, luka yang bengkak serta arthritis.

Aspirin juga banyak diberikan kepada pasien yang sudah melakukan operasi seperti jantung. Selain itu, juga dapat mencegah terjadinya beberapa kanker seperti esophagus, lambung, usus besar, prostat dan rektum. Karena merupakan antikoagulan yaitu mencegah adanya darah yang menggumpal di dalam tubuh sehingga Aspirin dosis yang rendah mampu mencegah dari gejala jantung dan stroke. Akan tetapi, dibalik semua manfaat yang diberikan, tidak terlepas dari adanya efek samping Aspirin. Inilah efek samping Aspirin yang harus anda ketahui.

Inilah Efek Samping Aspirin yang Harus Anda Ketahui 

1. Alergi

Aspirin bisa menjadi sensitive terhadap beberapa bagian tubuh. Kemudian bisa menimbulkan alergi seperti bengkak pada bagian hidung, lidah, bibir, pusing dan gatal-gatal.

2. Mengganggu kehamilan

Bagi ibu yang sedang mengandung sangat tidak dianjurkan untuk minum Aspirin, karena akan mengurangi berat badan janin, mengganggu janinnya dan bahkan menyebabkan keguguran. Selain pada ibu hamil juga dilarang untuk ibu yang sedang menyusui karena obat akan masuk ke dalam asi dan bisa membahayakan anak.

3. Saat operasi

Hindari Aspirin ketika akan dioperasi karena obat akan mencegah penggumpalan darah sehingga menyulitkan proses operasi dan menyebabkan operasi dapat berlangsung lama.

4. Merusak hati

Aspirin yang dikonsumsi dalam waktu yang lama dan dosis yang tinggi akan mengganggu fungsi hati bahkan dapat merusak hati.

5. Sindrom Reye

Inilah efek samping Aspirin yang harus anda ketahui karena merupakan efek samping Aspirin yang paling berbahaya. Kematian adalah tahap akhirnya karena efek ini merusak organ-organ penting seeperti hati dan otak. Dan ini sering terjadi pada anak-anak dan remaja.

6.  Central Bervous System

Efek samping Aspirin yang terakhir yaitu pusing, kebingungan dan mengantuk. Hal ini jika didiamkan dalam waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan pada saraf.

7. Iritasi perut

Bisa menyebabkan iritasi perut serta mulas, muntah-muntah, mual dan gangguan pada pencernaan. Memang masalah ini sudah umum tetapi lama kelamaan bisa menyebabkan hal yang serius. Oleh karena itu, sebaiknya jika terjadi konsultasikan kepada dokter.

Inilah beberaapa efek samping Aspirin yang harus anda ketahui. Oleh karena itu, gunakanlah Aspirin sesuai aturan dan anjuran dokter. Inilah salah satu pencegahan terjadinya hal diatas.

Inilah Efek Samping Aspirin yang Harus Anda Ketahui | muhammad yamin | 4.5