Inilah Efek Samping Cefadroxil Bagi Kesehatan

Sunday, May 26th, 2019 - Kumpulan Efek Samping
efek samping cefadroxil

efek samping cefadroxil

Inilah Efek Samping Cefadroxil Bagi Kesehatan – Cefadroxil merupakan salah satu jenis obat yang tergolong ke dalam anti biotik. Cefadroxil ini merupakan obat golongan sefalosporin, di mana cefadroxil menjadi anti biotik yang mempunyai ruang lingkupnya yang luas. Masut dari ruang lingkup yang luas di sini berarti obat ini bisa membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri gram positif atau bakteri gram negatif.

Sistem kerja anti biotik cefadroxil ini yakni dengan cara mematikan bakteri. Karena cefadroxil mempunyai ruang lingkup yang luas, membuat cefadroxil bisa digunakan untuk banyak jenis penanganan infeksi. Berbagai jenis infeksi yang bisa diobati dengan memanfaatkan cefadroxil ini seperti infeksi saluran pernafasan atas, contohnya radang amandel dan radang tenggorokan, infeksi saluran kemih, infeksi pada kulit, dan juga infeksi pada kelamin.

Cefadroxil menjadi obat yang relatif aman untuk digunakan. Meskipun begitu, penggunaan obat anti biotik seperti cefadroxil ini tidak boleh sembarangan. Penggunaan cefadroxil harus dengan resep dokter. Larangan penggunaan atau kontradiksi cefadroxil yakni riwayat alergi golongan sefalosporin, penggunaan jangka panjang, serta gangguan ginjal.

Cefadroxil tergolong aman digunakan oleh usia anak dan juga ibu hamil. Penggunaan cefadroxil untuk seorang ibu menyusui harus benar-benar diperhatikan, lebih hati-hati serta tidak boleh sembarangan. Nah, berikut ini efek samping cefadroxil untuk kesehatan.

Efek Samping Cefadroxil

Seperti obat pada umumnya, begitu juga dengan cefadroxil yang bisa menyebabkan efek samping dalam pemakaiannya. Meskipun demikian, efek samping penggunaan cefadroxil ini tidak selalu muncul pada setiap orang yang memakai cefadroxil. Cefadroxil sendiri merupakan obat yang dikonsumsi melalui saluran mulut, jadi efek samping yang ada biasanya melingkupi saluran pencernaan.

Beberapa efek samping cefadroxil yang mungkin saja terjadi seperti:

  1. Reaksi alergi, dari yang ringan seperti urtika dan gatal hingga yang berat seperti anafilaksis dan Stevens-Johnson Syndrome
  2. Bintik kemerahan di kulit
  3. Rasa mual hingga muntah
  4. Nyeri di perut
  5. Terjadinya diare

Nah, itulah beberapa dampak negatif cefadroxil bagi tubuh. Untuk berjaga-jaga, selalu konsultasikan pada dokter bagaimana kondisi anda sebelum mendapatkan resep obat. Hal ini membantu supaya dokter tidak salah memberikan obat yang justru bisa memicu efek samping dari obat tersebut. Sebagai informasi tambahan, berikut ini ulasan mengenai dosis penggunaan cefadroxil.

Dosis Obat Cefadroxil

Cefadroxil tersedia dalam dosis 500 mg. Untuk orang dewasa yang sehat, dianjurkan penggunaan cefadroxil 2 x 500 mg seharinya. Sedangkan untuk usia anak, ini disesuaika dengan bobot tubuhnya. Untuk seorang penderita gagal ginjal, dosis obat cefadroxil disesuaikan dan juga dikurangi.

Demikianlah informasi mengenai Efek Samping Cefadroxil dan dosisnya. Konsultasikan terlebih dulu pada dokter ahlinya, jangan sampai anda salah meminum dosis obat. Terimakasih dan semoga informasi ini bermanfaat.

Inilah Efek Samping Cefadroxil Bagi Kesehatan | muhammad yamin | 4.5