Inilah Efek Samping Ciprofloxacin Bagi Tubuh Kita

Tuesday, May 14th, 2019 - Kumpulan Efek Samping
Efek Samping Obat Ciprofloxacin

Efek Samping Obat Ciprofloxacin

Efek samping Ciprofloxacin– Ciprofloxacin adaah obat untuk menyembuhkan penyakit kelamin gonore atau biasa di sebut dengan kencinng nanah.Penyakit kencing nanah adalah penyakit menular seksual akibat infeksi saluran kemih atau ISK. Obat ini ampuh untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh kuman patogen, yang peka terhadap ciprofloxacin penyakit itu antara lain :

  1. Saluran kemih dan termasuk prostatis
  2. Uretritis dan serpitis gonore
  3. Saluran cerna, termasuk juga demam thyfoid dan parathyfoid
  4. Saluran nafas, kecuali pneumonia dan streptococus
  5. Kulit dan jaringan lunak
  6. Tulang dan sendi

Kotradiksi dari obat Ciprofloxacin yaitu :

  1. Penderita akan mengalami hipersensitivitas terhadap siproflookasin dan deviat quinolone lainnya.
  2. Obat ini tidak di anjurkan kepada wanita hamil atau menyusui anak-anaknya pada masa pertumbuhannya karena pemberian dalam waktu yang lama akan menghambat pertumbbuhan tulang rawan.
  3. Hait-hati apabila di gunakan pada penderita usia lanjut.
  4. Hati-hati pada penderita epilepsi dan penderita yang pernah mendapat gangguan SSP hanya di gunakan bila manfaatnnya lebbih besar di bandingkan dengan resiko efek samping yang di berikan.

Dalam menggunakan obat ini sebaiknya anda hati-hati karena efek samping Ciprofloxacin yang di berikan juga termasuk besar dan dapat mengakibatkan kematian. Bagi anda yang belum tahu efek samping yang di berikan oleh obat ini, berikut ini adalah beberapa efek samping dari obat Ciprofloxacin jika mengkonsumsinya tidak sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Efek samping Ciprofloxacin antara lain :

  1. Gangguan pada pencernaan

Salah satu efek samping dari obat ini adalah gangguan pada pencernaan seperti diare, mual, kram kembung dan nyeri pada perut maupun lambung.

  1. Gangguan pada fungsi jantung dan organ lainnya

Telah banyak orang yang mengkonsumsi obat ini dan banyak orang yang telah mengatakan efek samping dari obat ini seperti jantung yang berdebar, detak jantung yang abnormal, sakit kepala yang parah, masalah hati seperti penyakit kuning, masalah pada ginjal seperti susah buang air kecil, atau air kencing yang berwarna gelap, maupun juga penyakit batu ginjalm serta masalah pada saraf seperti kesemutan di tangan dan di kaki.

  1. Infeksi

Efek samping Ciprofloxacinyang sering rentan terjadi seperti yang di rasakan oleh perempuan adalah infeksi jamur pada organ reproduksi yang dapat menyebabkan keputihan, gatal, dan organ intim kewanitaan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

  1. Alergi

Orang yang mengkonsumsi obat ini juga bisa mengalami alergi, bahkan hingga bertahun-tahun.Alergi yang sering terjadi adalah gatal-gatal dan terjadinyapembengkakan di mulut atau di tenggorokan.

  1. Resistensi atau bisa di sebut kebal

Orang yang sering mengkonsumsi obat ini bisa mengalami resistensi atau tidak mempan lagi dengan antibiotik atau obat-obatan yang lainnya.Sehingga orang yang memilki resistensi yang tinggi, antibiotik yang di butuhkan orang tersebut juga akan lebih tinggi apabila orang tersebut terserang penyakit.

  1. Gangguan serius dan juga bisa mengancam nyawa

Penggunaan obat ini dengan dosis yang tinggi dan dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan efek samping yang lebih tinggi seperti disfungsi atau kerusakan hati, tremor(gerakan tubuh yang tidak terkontrol), penurunan sel darah putih, kerusakan pada otak, kerusakan ginjal, tendon pecah, koma, aritmia jantung dan bahkan kematian.

Untuk menghindari Efek samping Ciprofloxacin yang berbahaya dan berlanjut maka dianjurkan untuk menggunkan obat ini seperti dosis yang telah diberikan oleh dokter dan sesuai aturan pemakaian. Demikianlah beberapa hal mengenai efek samping obat ciprofloxacin.Semoga bisa dijadikan sebagai referensi sebelum anda memutuskan untuk mengkonsumsi obat tersebut.

Inilah Efek Samping Ciprofloxacin Bagi Tubuh Kita | muhammad yamin | 4.5